fbpx
Connect with us

Peristiwa

Pohon Tumbang di Gedangsari, 2 Rumah Warga Porak Poranda

Diterbitkan

pada tanggal

Gedangsari,(pidjar.com)–Hujan disertai angin kencang yang terjadi di Kecamatan Gedangsari pada hari Minggu kemarin membuat sejumlah pohon bertumbangan. Bahkan, dua pohon diantaranya, menimpa rumah warga maupun fasilitas umum.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, peristiwa pertama terjadi sekitar pukul 12.20 WIB siang kemarin di Padukuhan Ngasinan, Desa Hargomulyo, Kecamatan Gedangsari. Sebuah pohon jati berukuran cukup besar menimpa sebuah rumah milik Arif Munasir dan sebuah Masjid. Akibatnya, kedua bangunan tersebut mengalami kerusakan pada bagian atap.

Hanya berselang kurang dari satu jam, kejadian yang sama terjadi di Padukuhan Boyo, Desa Ngalang, Kecamatan Gedangsari. Sebatang pohon Sengon Laut tumbang menimpa bagian dapur dan kandang milik Suparno, warga setempat.

Beruntung pada dua kejadian tersebut tidak sampai menimbulkan korban baik jiwa maupun. Namun demikian, kejadian ini tentu saja berakibat kerugian secara materil.

Berita Lainnya  Hari Ini Sri Sultan Resmikan Jembatan Gunungkidul-Sleman Senilai Rp61,3 Miliar

Menanggapi dua kejadian beruntun ini, Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gunungkidul, Edy Basuki mengatakan, pihaknya sendiri langsung melakukan penganganan di lokasi kejadian. Sejumlah anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Gunungkidul kemudian mengevakuasi pohon yang tumbang menimpa rumah warga tersebut.

“Kerugian jika ditaksir lebih dari Rp. 10juta rupiah,” ucap Edy saat dikonfirmasi pidjar.com Senin (09/12/2019).

Atas kejadian ini, ia menghimbau agar warga meningkatkan kewaspadaan memasuki musim penghujan ini. Masyarakat diminta agar segera menebangi pohon yang terlalu dekat dengan bangunan. Menurutnya angin kencang yang terjadi belakangan ini membuat potensi bencana pohon roboh cukup besar.

“Sehingga bencana robohnya pohon dan menimpa bangunan bisa diminimalisir, ini kan kerugian juga untuk masyarakat,” pungkasnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler