fbpx
Connect with us

Peristiwa

Pohon Tumbang Rusak Rumah Milik Sukardi

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Sebatang pohon jati berukuran cukup besar menimpa sebuah rumah milik warga pada Rabu (02/04/2020) kemarin. Akibatnya, rumah Sukardi (67) warga Gatak, Desa Gari, Kecamatan Wonosari mengalami kerusakan yang cukup berat. Beruntung dalam kejadian ini, tak sampai menimbulkan korban.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Gunungkidul, Edy Basuki mengatakan, hujan disertai angin kencang terjadi di wilayah Kecamatan Wonosari sejak Rabu siang. Berselang beberapa waktu kemudian, tiba-tiba terdengar suara gemuruh.

Sukardi yang tengah berada di bagian depan bangunan rumah lantas mencari asal muasal suara tersebut. Saat beranjak ke belakang, ia mendapati bahwa sebatang pohon jati dengan diameter 90 centimeter yang tumbuh di dekat rumahnya telah roboh. Adapun batang pohon jati menimpa bagian belakang rumahnya.

“Beruntung saat kejadian pemilik rumah ada di depan, sehingga tidak sampai ada korban,” jelas Edy, Kamis (03/04/2020) pagi tadi.

Tumbangnya pohon ini menimbulkan kerusakan cukup parah pada rumah Sukardi. Bagian dapur rusak parah dan sebagian atap dan genting pada bagian utama tak luput pula dari kerusakan.

Mendengar laporan kejadian ini, Tim Reaksi Cepat BPBD Gunungkidul dan sejumlah warga setempat kemudian mendatangi lokasi. Petugas dan warga menggelar kerja bakti untuk mengevakuasi batang pohon maupun material rumah yang mengalami kerusakan.

“Sudah dipotongi, kemudian barang-barang yang rusak sudah dievakuasi,” imbuh Edy.

Atas kejadian ini, pemilik rumah diperkirakan menderita kerugian hingga mencapai jutaan rupiah.

Dengan rentetan peristiwa ini, Edy mengimbau masyarakat harus selalu waspada dengan acaman bencana hidrometeologi. Terutama dengan pepohonan yang rimbun dan mengancam rumah.

“Sebelum kerugian material dan jiwa terjadi, sebaiknya pohon yang sudah rimbun segera dipangkas,” tandas Edy.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler