fbpx
Connect with us

Peristiwa

Keracunan Massal, Belasan Orang Dilarikan ke Rumah Sakit

Published

on

Panggang,(pidjar.com)–Sejumlah warga di Padukuhan Blimbing, Desa Girisekar, Kecamatan Panggang mengalami gejala mirip keracunan diduga usai makan nasi bok, Rabu (01/04/2020). Akibatnya, sejumlah orang harus menjalani perawatan medis di klinik dan rumah sakit.

Babhinkamtibmas Desa Girisekar, Bripka Yayan Eka memaparkan, kejadian tersebut bermula ketika ada salah salah satu warga yang menggelar acara bancakan selapanan. Kemudian keluarga tersebut membagi-bagikan makanan ke beberapa warga.

Usai memakan makanan tersebut, semula tidak ada keluhan yang dirasakan. Namun kemudian pada Kamis (02/04/2020) dini hari tadi, beberapa warga mengalami mual, pusing, diare hingga ada yang lemas.

“Kemudian paginya (Kamis) periksa, disusul beberapa warga lain. Total ada sekitar 14 yang memeriksakan diri karena mengalami gejala yang sama,” kata Yayan, Jumat (03/04/2020).

Ia menjelaskan, dari 14 orang tersebut, 9 diantaranya harus menginap di rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis. Sedangkan 5 diantaranya diperbolehkan pulang dengan status rawat jalan.

“Ada 8 di Klinik Saptosari, 1 di Playen. Yang rawat jalan ada 5 orang, tapi rutin kontrol,” papar dia.

Lebih lanjut dikatakannya, saat ini diketahui sudah tidak ada sisa makanan yang bisa diperiksa karena sudah habis dan ada yang sudah dibuang juga. Pihaknya tidak bisa menjelaskan secara detail namun dimungkinkan ada keracunan jika dilihat dari gejalanya.

“Sudah ada yang membaik tapi ya masih lemes,” katanya.

Sementara itu, Kapolsek Panggang, AKP Mujiman membenarkan adanya peristiwa dugaan keracunan tersebut. Namun begitu, permasalahan ini tidak dilaporkan kepada pihaknya.

“Tidak lapor, tapi kami dengan pemerintah desa ikut memonitor. Kabarnya mereka merasakan sakit usai makan nasi bok,” pungkas dia.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler