fbpx
Connect with us

Peristiwa

Pohon Tumbang Timpa 2 Rumah di Playen

Published

on

Playen,(pidjar.com)–Hujan yang terjadi di wilayah Kabupaten Gunungkidul Selasa (07/01/2020) berdampak terhadap terjadinya bencana pohon tumbang di Kecamatan Playen. Sedikitnya 2 rumah mengalami kerusakan cukup parah akibat tertimpa pohon tumbang. Beruntung meski menimbulkan kerugian hingga mencapai jutaan rupiah, namun tak sampai ada korban dalam insiden ini.

Sebuah pohon tumbang tepat pada pukul 01.00 WIB dini hari menimpa atap rumah di Padukuhan Sumberejo (31/04), Desa Ngawu, Kecamatan Playen.

Assesor Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Gunungkidul, Waseso mengatakan, peristiwa pertama sendiri terjadi pada pukul 01.00 WIB dinihari tadi. Sebuah pohon jati yang terletak tak jauh dari kediaman lansia yang diketahui bernama Ngatiyem (75) warga Padukuhan Sumberejo, Desa Ngawu, Kecamatan Playen mendadak roboh. Pohon jati tersebut menimpa atap rumah korban.

Berita Lainnya  Mobil Bak Terbuka Angkut Penumpang Hantam Tebing, 1 Orang Tewas 4 Luka

“Saat kejadian, pemilik rumah tengah terlelap, beruntung yang rusak hanya samping dan tidak sampai roboh karena dinding lumayan kokoh,” ungkap Waseso, Selasa pagi.

Akibat dari peristiwa ini, rumah Ngatiyem mengalami kerusakan cukup parah terutama pada bagian atap. Sejumlah genting pecah, reng dan usuk juga mengalami kerusakan. Sementara arus listrik padam sejak peristiwa tersebut.

“Angin malam itu memang cukup kencang, terlebih hujan juga cukup deras,” imbuh dia.

Tak jauh dari lokasi kejadian, sebuah pohon Randu di Padukuhan Putat, Desa Bleberan, Kecamatan Playen juga roboh menimpa rumah. Batang pohon yang tumbang sendiri menimpa rumah salah seorang warga setempat, Yatmo. Akibatnya, genteng rumah Yatmo hancur.

Berita Lainnya  Berkendara Sambil Mainan HP, Gadis Remaja Luka Parah Tersambar Mobil Box

“Kami bersama masyarakat telah melakukan upaya evakuasi dan memotong batang pohon yang tumbang menimpa rumah tersebut,” jelasnya.

Pihaknya mengimbau masyarakat agar selalu waspada menghadapi awal musim penghujan. Pohon yang sekiranya di sekitar rumah dan membahayakan sebisa mungkin untuk dilakukan pemangkasan.

“Jangan sampai jatuh korban,” tutup dia.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler