fbpx
Connect with us

Peristiwa

Pohon Wali Kukun Tumbang Menutup Jalan, Jalur Jogja-Wonosari Sempat Macet Total

Published

on

Playen,(pidjar.com)–Pohon Wali Kukun berdiameter 25 centimeter roboh melintang di tengah Jalan Wonosari Yogyakarta kilometer 9, Wanagama, Gading, Playen, Kamis (04/03/2021). Akibatnya arus lalu lintas menju Yogyakarta maupun sebaliknya sempat mengalami kemacetan. Sejumlah pengendara sepeda motor pun sempat menerobos pohon yang melintang karena peristiwa ini terjadi sekitar pukul 06.30 WIB, dimana lalu lintas kendaraan sedang padat.

Kapolsek Playen, AKP Hajar Wahyudi mengatakan, Pohon Wali Kukun tersebut memang sudah cukup lapuk karena usianya sudah puluhan tahun. Sementara hujan mengguyur Kapanewon Playen sepanjang malam mengikis batang pohon.

“Beruntung tidak ada korban jiwa ataupun kerugian materil dalam peristiwa ini,” ujar Hajar.

Ia menambahkan, setelah mendapatkan laporan warga, anggotanya lantas mendatangi lokasi untuk melakukan evakuasi pohon. Bersama petugas dari BPBD Gunungkidul dan juga anggota TNI kurang lebih satu setengah jam pohon dapat dievakuasi.

“Kemacetan sampai sekitar 2 kilometer, karena saat kejadian merupakan jam sibuk,” papar dia.

Sementara itu, Kepala BPBD Gunungkidul, Edy Basuki mengatakan, sejauh ini penebangan yang ia lakukan tergantung dari permintaan masyarakat melalui kalurahan. Ia meminta jika seandainya di sekitar masyarakat terdapat pohon lapuk segera mengajukan permohonan untuk pemotongan.

“Karena pohon itukan ada pemiliknya, kita ndak bisa langsung asal tebang,” tandas Edy

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler