fbpx
Connect with us

Sosial

Polres Gunungkidul Musnahkan Ribuan Botol Miras, Bupati Minta Operasi Rutin Digelar

Diterbitkan

pada tanggal

Wonosari,(pidjar.com)–Ribuan botol minuman keras berhasil disita oleh kepolisian dalam operasi cipta kondisi yang dilakukan jajaran Polres Gunungkidul sejak beberapa waktu terakhir. Ribuan botol miras berbagai jenis tersebut disita dari sejumlah penjual di seluruh wilayah Gunungkidul. Dari berbagai jenis miras yang disita, miras jenis ciu paling dominan dengan jumlah mencapai 1000 botol. Adapun upaya mempersempit ruang gerak peredaran miras di Gunungkidul ini diharapkan nantinya dapat mengurangi potensi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat, terutama mejelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2020.

Kapolres Gunungkidul, AKBP Agus Setiawan mengatakan, pada kesempatan kali ini, pihaknya memusnahkan sekitar 1.367 botol miras. Adapun ribuan botol tersebut terdiri dari ciu, anggur merah dan vodka.

“Paling banyak ciu ada sekitar seribu dan ratusan anggur merah serta puluhan botol vodka,” kata Agus usai melakukan pemusnahan miras di halaman Kantor Bupati, Jumat (20/12/2019).

Ia menjelaskan, operasi cipkon yang dilakukan ini bertujuan untuk mengantisipasi adanya pesta minuman keras menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru. Menurutnya, jika pesta miras yang kemungkinan terjadi dapat memicu terjadinya gesekan lantaran memang dalam kegiatan perayaan semacam ini, biasanya diikuti oleh banyak orang.

Berita Lainnya  Kisah Keluarga Wasno Yang Miskin, Tiap Hari Hanya Makan Lauk Sambal Hingga Sang Cucu Pingsan Karena Kekurangan Gizi

“Ini kan menjelang libur panjang, pasti banyak wisatawan. Kalau ada miras kita khawatirkan nanti mabuk dan membuat kerusuhan. Gesekan antar wisatawan bisa saja terjadi. Tapi kami jamin tidak akan ada lagi,” ungkap dia.

Ditambahkannya, selain pemusnahan miras, jajaran Polres Gunungkidul kali ini juga melakukan gelar pasukan dalam rangka Operasi Lilin Progo 2019. Operasi ini akan dilakukan selama 10 hari.

“Kita amankan ratusan titik vital di seluruh Gunungkidul dalam operasi lilin ini. Tidak hanya lokasi ibadah tetapi juga arus lalu lintas. Tidak menutup kemungkinan nanti kita adakan rekayasa lalu lintas jika terjadi kemacetan,” ungkap dia.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul, Badingah mengucapkan terimakasih kepada jajaran kapolisian yang telah melakukan pengamanan menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru ini. Pihaknya juga berharap operasi miras dapat terus dilakukan untuk antisipasi terjadinya gangguan kamtibmas.

Berita Lainnya  Kerja 12 Jam Per Hari, PMI Gunungkidul Telah Gelontor 10.000 Liter Disinfektan di Ratusan Titik

“Miras itu kan penyebab kerusuhan, kita berterimakasih Polres Gunungkidul telah melakukan operasi. Selain menganggu kamtibmas juga bisa merusak akal generasi muda kita. Kita berharap operasi semacam ini terus dilakukan,” pungkas dia.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler