fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Promosikan Produk UMKM Daerah, Pemerintah Gelar Gunungkidul Expo 2023

Diterbitkan

pada

BDG

Playen,(pidjar.com)– Memperingati Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul ke-192, Pemerintah Kabupaten menggelar sejumlah acara untuk memeriahkannya. Salah satunya adalah pameran produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yakni Gunungkidul Expo 2023. Selama 5 hari kedepan, produk-produk lokal Bumi Handayani akan mengikuti event tersebut.

Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Gunungkidul, Kelik Yuniantoro mengatakan, Gunungkidul Expo ini digelar selama 5 hari, terhitung dari tanggal 25 Mei sampai dengan 30 Mei 2023 untuk memeriahkan Hari Jadi Gunungkidul. Ada 100 pelaku UMKM di Gunungkidul yang menjadi peserta pameran. Yang mana pelakh UMKM ini merupakan perwakilan dari masing-masing kapanewon. Produk yang dijual pada pameran ini pun juga beragam.

“Mulai dari kerajinan (craft), olahan makanan, busana, dan produk-produk lain yang diperjualkan pada pameran ini,” papar Kelik Yuniantoro.

Berita Lainnya  Tiga Orang Meninggal Setelah Konsumsi Ternak, Dinkes: Hanya 1 Yang Positif Anthrax

Jumlah peserta ini lebih banyak dibandingkan dengan event di tahun sebelumnya. Secara khusus dikirimkan oleh 18 kapanewon dengan masing-masing mengirimkan 6 perwakilan pelaku UMKM unggulannya.

Dengan diadakannya Gunungkidul Expo 2023 ini, diharapkan dapat mengangkat dan memperkenalkan UMKM lokal ke jangkauan yang lebih luas. Sehingga dapat meningkatan pendapatan para pelaku usaha dan pasaran mereka lebih jauh kembali.

“Ini juga sebagai bentuk dukungan pemerintah atas produk lokal yang ada,” ujarnya

Ia menjelaskan, Gunungkidul Expo atau pameran UMKM ini bukan hanya sebatas acara rutin yang digelar menjelang Hari jadi. Namun juga sebagai upaya agar para pelaku usaha agar dapat bersaing sehat dan meningkatkan kualitas produk mereka.

Berita Lainnya  Tombo Gelo Tak Kebagian, Warga Serbu Penjual Bakmi Jawa di Seputaran Kota Wonosari

“Ini nanti kita lihat bagaimana dampaknya untuk pelaku UMKM dan sekitar sini. Termasuk dengan perputaran uangnya bagaimana, kalau dirasa bagus dan potensial nanti kita upayakan agar bisa dilakukan 2 kali dalam setahun. Tentu itu perlu koordinasi dengan beberapa pihak dan ada beberapa hal yang harus diperhatikan,” jelas Kelik.

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta mengatakan potensi UMKM wilayahnya sangat besar. Namun memang belum semuanya tersentuh perhatian dari pemerintah. Tentunya ada kriteria-kriteria khusus yang harus terpenuhi. Pada gelaran Gunungkidul Expo ini harapannya dapat menjadi wadah promosi dan menyasar secara bergantia.

“Ini adalah produk-produk unggulan Gunungkidul. Dukungan tentu ada salah satunya dengan diadakannya pameran ini. Mudah-mudahan bermanfaat dan bisa meningkatkan ekonomi pelaku usaha,” ujar Sunaryanta.

Berita Lainnya  Tambahan 2 Kasus Positif, 1 Warga Semanu dan 1 Warga Playen Yang Baru Pulang Dari Italia

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler