fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Proses Dimulai, Pemkal Baleharjo Segera Pilih Lurah Anyar

Diterbitkan

pada

Wonosari, (pidjar.com)–Kalurahan Baleharjo akan segera menggelar Pemilihan Lurah (Pilur) Pergantian Antar Waktu (PAW). Proses pendaftaran untuk mengisi jabatan Lurah yang kosong sendiri telah mulai dibuka sejak beberapa waktu lalu. Nantinya, lurah PAW terpilih akan memimpin hingga tahun 2024 mendatang sesuai dengan masa jabatan Lurah Baleharjo sebelumnya yang telah diberhentikan oleh Pemkab Gunungkidul.

Panitia Seleksi Pilur PAW Baleharjo, Agustinus Lasiman, mengungkapkan pihaknya telah membuka pendaftaran calon lurah sejak tanggal 07 Desember 2021 kemarin. Tahapan pendaftaran sendiri akan berlangsung hingga 13 Desember 2021 mendatang. Ia menyampaikan jika sebelumnya pihaknya telah melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat agar mengetahui adanya Pemilihan Lurah PAW Baleharjo.

Berita Lainnya  Malam Pergantian Tahun, Bupati Tutup Alun-alun dan Lapangan se-Kabupaten Gunungkidul

“Untuk pengisian calon Lurah PAW Baleharjo sesuai agenda sosialisasi sudah berjalan kepada masyarakat yang diwakili oleh ketua RT, Perangkat Desa, Kepala Padukuhan, Tokoh Masyarakat, serta lembaga yang ada di Baleharjo. Kenapa tidak mengundang seluruh masyarakat kan masih dalam masa pandemi dan informasinya sudah disebarkan ke masyarakat,” ucap dia, Jumat (10/12/2021).

Sesuai dengan mekanisme pemilihan Lurah PAW, ia menyampaikan jika akan dilaksanakan musyawarah di tingkat Kalurahan yang diwakili oleh 5 orang di masing-masing Padukuhan serta Badan Musyawarah Kalurahan. Musyawarah sendiri direncanakan akan dilangsungkan pada tanggal 19 Desember 2021 mendatang. Saat ini, panitia masih menunggu proses pendaftaran selesai untuk melanjutkan ke tahapan selanjutnya. Setelah pendaftaran selesai, ia menambahkan jika ada penelitian pemberkasan dari masing-masing calon Lurah yang akan dipilih.

“Tanggal 14 Desember itu penelitian berkas dan pengumuman calon Lurah, sesuai dengan aturan jika pendaftar hanya satu orang maka akan diperpanjang satu minggu dan kalau melebihi tiga orang akan dilakukan seleksi pemberkasan,” sambungnya.

Sejauh ini, sudah ada 2 orang yang telah mengambil formulir pendaftaran Pemilihan Lurah PAW Baleharjo. Ia berharap jalannya Pilur PAW dapat berjalan lancar dan dapat diterima oleh seluruh masyarakat Kalurahan Baleharjo.

Berita Lainnya  Era Revolusi Industri 4.0, Peran BLK Dinilai Tak Maksimal Dalam Pelatihan Berbasis Teknologi

“Rencananya tanggal 20 sudah penetapan Lurah terpilih, masa jabatannya melanjutkan yang sebelumnya menyisakan sekitar 3 tahun,” terang Iman.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat Desa (DP3AKBPMD) Gunungkidul, Kriswantoro, menyampaikan jika dalam pelaksanaan Pilur PAW di beberapa wilayah di Gunungkidul dapat berjalan lancar. Dari data yang ia miliki, saat ini untuk Kalurahan yang berproses Pilur PAW di Gunungkidul sebanyak dua Kalurahan.

“Dua Kalurahan yang menggelar Pilur PAW di Gunungkidul sudah selesai, saat ini yang sedang proses juga dua Kalurahan,” tutupnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler