fbpx
Connect with us

Peristiwa

Puluhan Bangunan Rusak Akibat Gempa, Pacarejo Paling Parah

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)– Badan Penanggulangan Bencana Daerah (TRC BPBD) Gunungkidul berkoordinasi dengan kalurahan saat ini masih terus melakukan asesmen di wilayah mereka terkait dengan dampak kerusakan akibat gempa bumi yang terjadi pada Jumat malam. Adapun salah satu wilayah yang mengalami kerusakan lumayan banyak adalah di Kalurahan Pacarejo, Kapanewon Semanu. Dimana di wilayah ini ada beberapa rumah yang rusak parah.

Lurah Pacarejo, Suhadi mengatakan saat ini warga masyarakat yang tergabung dalam tim tanggap bencana saat ini masih melakukan pendataan di wilayahnya terkait dengan dampak gempa bumi yang terjadi. Adapun data sementara di Padukuhan Kuwon Tengah, Kalurahan Pacarejo memang merupakan titik terparah akibat goncangan gempa magnitudo 6,4.

Berita Lainnya  Dua Orang Tenggelam di Pantai Drini, 1 Meninggal Dunia 1 Lainnya Hilang

“Kuwon Tengah ini memang merupakan yang terparah di wilayah kami. Ada tiga rumah yang menjadi perhatian kami karena mengalami kerusakan dengan kategori sedang dan berat karena bangunan yang ambrol,” terang Suhadi.

Adapun pihaknya langsung sigap mendirikan tenda darurat untuk menampung penghuni rumah yang mengalami kerusakan. Sebab rumah 3 KK ini dirasa membahayakan bila saat ini kembali digunakan.

“Rumah di dalam itu cukup membahayakan kalau digunakan lagi saat ini. Maka dari itu kami dirikan tenda darurat agar digunakan untuk bermalam,” terang dia.

Menurutnya, rumah-rumah yang rusak saat ini juga mengalami kerusakan pada gempa 2006 silam. Pendataan sendiri terus dilakukan oleh tim tanggap bencana dari kalurahan ini. Data sementara yang masuk total ada 22 rumah warga Kalurahan Pacarejo yang mengalami kerusakan. Lokasinya sendiri tersebar di Padukuhan Serpeng, Dengok, Kuwon, Kwangen, Jetis, dan Piyuyon.

Berita Lainnya  Kemudikan Mobil Secara Ugal-Ugalan, Pemuda Diamankan Polisi dari Amuk Massa

“Untuk kerusakannya sendiri beragam, ada yang genteng atap rumah rontok, sebagian atap ambrol, dan tembok retak-retak,”papar Suhadi.

“Fasilitas umum juga ada baik sekolah dasar maupun bangunan masjid,” tambah dia.

Pantauan di lapangan, hingga tengah malam ini banyak warga yang berjaga di luar rumah. Bahkan di wilayah Pacarejo banyak pula keluarga yang enggan masuk rumah dan memilih untuk tidur di luar beralas tikar.

Sementara itu, Anggota TRC BPBD Gunungkidul, Ahmad Riyadi mengungkapkan untuk laporan sementara ada beberapa wilayah yang terdampak bencana. Untuk wilayah kota, berdasarkan asesmen yang dilakukan kerusakan terjadi di TBG, PAsar Argosari, Masjid Al Ikhlas, Rusunawa Karangrejek, dan Dinas Pendidikan Gunungkidul.

Berita Lainnya  Jatuh Dari Pohon Mahoni, Sambio Tewas Seketika

Kemudian di wilayah lain yakni di Kalangbangi, Ngeposari; Surodadi, Ponjong; kantor BDG genteng dan plafon jatuh; wilayah Kadangasem, Mulo banyak genteng jatuh; Bendo Gede, Sumbergiri plafon masjid runtuh, Balai Padukuhan Sawit Kidul; Balai Kalurahan Kenteng;Balai Kalurahan Sumberwungu; rumah warga Klepu; Polres Gunungkidul plafon jatuh, dan lainnya.

“Kerusakan mayoritas di genteng melorot dan jatuh. Kalau untuk plafon mayoritas ambrol. Kami masih melakukan assesmen” ucap dia.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler