fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Puluhan Kalurahan Akan Terima Gelontoran Dana Ratusan Juta dari BKK

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Tahun 2021 ini, sebanyak 22 kalurahan di 17 kapanewon mendapatkan dana ratusan juta untuk penyelenggaraan program padat karya melalui Bantuan Keuangan Khusus (BKK) dari Pemda DIY. Pemetaan kalurahan yang mendapatkan bantuan tersebut telah dilakukan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Gunungkidul.

Kepala Bidang Ketenagakerjaan, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Gunungkidul, Ahsan Jihadan mengungkapkan 22 kalurahan akan mendapatkan program padat karya untuk pembangunan infrastruktur.

“Iya ada 22 kalurahan yang mendapatkan program padat karya. Program ini dimaksudkan untuk menyediakan lapangan pekerjaan dan mempercepat pembangunan dan pemberdayaan,” ujar Ahsan, Sabtu (20/02/2021).

Adapun diantaranya di Hargomulyo 1 lokasi, Tegalrejo, Kedungpoh 2 lokasi, Natah, Nglipar , Pengkol, Pilangrej, Salam,Bedoyo, Karangasem, Sidorejo, Bedoyo, Girijati, Giritirto, Kanigoro 2 titik, Planjan 2 titik, Dadapayu, dan Kepek (Kapanewon Wonosari) 3 titik.

Masing-masing titik ini mendapatlan 160 juta rupiah. Sehingga total ada sekitar 4,4 miliar rupiah yang nantinya akan diberikan oleh pemerintah. Pengerjaan sendiri diharapkan mampu memberikan pekerjaan bagi masyarakat sekitar, terlebih saat ini ekonomi sedang turun akibat pandemi. Banyak orang yang kehilangan pekerjaan mereka.

“Untuk pembangunan jalan lingkungan, jalan baru, cor blok dan lainnya,” imbuh dia.

“Ini masih dalam proses perencanaan. Nanti penyelenggaraannya kapan tentu masih dikomunikasikan kembali,” paparnya

Belum lama ini, Kepala Bappeda Gunungkidul, Sri Suhartanta mengatakan, beberapa Kalurahan di Gunungkidul akan mendapatkan BKK yang bersumber dari Dana Keistimewaan (Danais). Beberapa waktu lalu penandatanganan kesepakatan telah dilakukan.

“Kita ada BKK dari Dana Keistimewaan juga. Ini wujud dari berubahnya nomenklatur beberapa waktu lalu, dimana Pemerintah Kalurahan juga dapat mengakses Danais,” ujar Sri Suhartanta.

Data dari Bappeda Gunungkidul Kalurahan yang mendapatkan danais di 2021 meliputi Desa (Kalurahan) Mandiri Budaya yaitu Bejiharjo dan Putat; Kalurahan Padat Karya meliputi Jerukwudel, Jepitu, Natah, Girisuko, dan Banyusoca; Kalurahan Karang Kopek meliputi Kalitekuk dan Kemejing; Kalurahan Maritim atau Bahari yaitu Tileng.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler