fbpx
Connect with us

Pariwisata

Dua Pos TPR Pantai Selatan Dipindah Lokasi

Diterbitkan

pada

Wonosari, (pidjar.com)–Dinas Pariwisata Gunungkidul melakukan penyesuaian letak pos Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) di pesisir selatan Gunungkidul. Langkah tersebut dilaksanakan guna menyesuaikan dengan pembangunan Jalan Jalur Lintas Selatan (JJLS) ketika nantinya sudah mulai tersambung dan digunakan penuh oleh masyarakat.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Mohammad Arif Aldian, mengatakan pihaknya sebelumnya telah mengkaji tentang pemindahan lokasi dua pos retribusi di pesisir selatan. Menurutnya, pemindahan pos retribusi tersebut sebagai bentuk antisipasi jika nantinya JJLS sudah beroperasi. Kedua pos retribusi yang dipindah ialah TPR Tepus dan TPR Pulegundes.

“Untuk antisipasi kalau JJLS sudah dioperasikan, seperti pos retribusi yang berada di sebelah utara JJLS kami pindah ke sebelah selatan jalan atau menuju ke pantai,” ucapnya, Sabtu (18/06/2022).

Ia menambahkan, pemindahan pos retribusi ke lokasi yang baru sendiri telah dilaksanakan. Seperti TPR Tepus yang sekarang sudah berada di dekat Pantai Indrayanti sedangkan TPR Pulegundes yang berada di pertigaan menuju pantai Ngandong.

“TPR Tepus yang terdampak JJLS kami geser ke dalam jalan kawasan pantai, dan TPR Pulegundes yang tadinya berada di sisi utara JJLS kami geser ke sisi selatan JJLS atau jalan ke pantai,” imbuh Arif.

Selain itu, untuk menyesuaikan pembangunan JJLS, pihaknya juga membuat pos TPR baru yang berada di jalan menuju pantai Pok Tunggal. Menurutnya, penambahan pos retribusi baru dikarenakan jalan di sana mulai terbuka dan untuk menjaring retribusi dari wisatawan.

Berita Lainnya  Desak Bupati Segera Terbitkan SK, Ketua DPRD Tuntut Penambahan Anggaran Untuk GTT dan PTT

Sementara itu, Koordinator TPR Tepus, Sumarjo, saat dihubungi membenarkan jika posnya dipindah untuk menyesuaikan pembangunan JJLS. Menurutnya, pemindahan sendiri tidak mengganggu aktivitas pemungutan tarif retribusi dari wisatawan yang berkunjung.

“Kalau lahan lokasi pos retribusi yang baru sudah disiapkan dinas, kami tinggal pindah saja sesuai instruksi,” terang dia.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler