fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Puluhan Ribu Rumah Tangga Akan Terima Bantuan Tunai Hingga 4 Bulan ke Depan

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Tahun 2021 ini, pemerintah masih akan  terus menyalurkan bantuan sosial tunai (BST) Kementerian Sosial. Rencananya, pencairan bantuan sendiri akan berlangsung hingga 4 bulan ke depan.

Pencairan bantuan berupa uang tunai sebelumnya akan mulai disalurkan minggu ini. Akan tetapi karena kondisi yang saat ini semakin menjadi perhatian bersama dan adanya kebijakan pengetatan kegiatan, maka pemerintah melalui Dinas Sosial dan pihak lain tengah berkoordinasi untuk mengambil jalan tengahnya.

Kepala Bidang Kesejahteraan Sosial, Dinas Sosial Gunungkidul, Hadi Hendro Prayogi mengatakan sesuai dengan data, ada 35.402 KK dan 5.316 rumah tangga yang akan mendapatkan bantuan tunai tersebut. Skema penyalurannya secara keseluruhan melalui PT Pos Indonesia. Agak berubah dari tahun 2020 lalu dimana ada 5 ribu lebih penerima bantuan yang pencairannya melalui Himpinan Bank Milik Negara (Himbara).

“Data sekarang baru disolidkan,” kata Hendro, Senin (11/01/2021).

Menurutnya, terdapat beberapa rumah tangga penerima yang datanya masih harus disinkronkan NIK dan data di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Ada beberapa perubahan pula berkaitan dengan masyarakat penerima bantuan sebesar 300 ribu tersebut.

“Bantuannya senilai 300 ribu per bulan. Akan berlaku 4 bulan ke depan,” imbuhnya.

Seharusnya penyaluran sendiri dilakukan dalam waktu dekat sesuai dengan instruksi. Akan tetapi karena pertimbangan kondisi daerah, maka pihaknya masih melakukan koordinasi dengan PT Pos, Polres Gunungkidul, Kodim, dan Setda terkait penyaluran bantuan pemerintah itu.

Disinggung mengenai program lain seperti Program Keluarga Harapan (PKH), berdasarkan data yang ada, terdapat pengurangan beberapa ratus Keluarga Penerima Manfaat dari jumlah total penerima sebanyak 55.444 keluarga penerima manfaat. Informasi yang diperoleh akan ada peluasan juga mengenai program tersebut.

 

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler