fbpx
Connect with us

Sosial

Pupuk Kerukunan, TNI Ajak Warga Banaran Bersih-bersih Semua Jenis Tempat Ibadah

Diterbitkan

pada tanggal

Playen,(pidjar.com)–Beberapa waktu lalu, Desa Banaran, Kecamatan Playen dikunjungi oleh Tim Wasev Mabesad. Progres pembangunan yang saat ini cukup pesat sangat diapresiasi. Diharapkan dengan adanya kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ini dapat menjadi sarana pemersatu serta kegotongroyongan masyarakat. Ada yang cukup unik dalam TMMD kali ini di mana TNI dan masyarakat juga diajak bersama-sama membersihkan semua jenis tempat ibadah di Desa Banaran. Hal ini dilakukan untuk menjaga kerukunan di kalangan masyarakat.

Pimpinan Tim Wasev Mabesad, Brigjen TNI Yus Adi Kamrullah mengatakan, TMMD sendiri sebenarnya tak hanya proses pembangunan fisik dan non fisik. Namun lebih dari itu, nilai-nilai budaya yang ada di masyarakat diharapkan akan lebih terbangun kokoh.

“Ada pembuatan jalan, cor, pembangunan keramik, ada pemberdayaan. Tapi lebih dari itu, nilai kegotongroyongan dan budaya yang ada dapat ditingkatkan, menjadi lebih lagi,” ucap Yus Adi beberapa waktu silam.

TMMD, kata Yus Adi, hanyalah stimulus semata. Pasalnya tanpa ada nilai-nilai kegotongroyongan, program-program dari pemerintah tidak akan bisa berjalan. Ia berharap, nantinya dengan adanya guyup rukun serta kebersamaan yang kuat, segala pembangunan dapat dilaksanakan di daerah-daerah.

Berita Lainnya  Kasus Kematian Ibu Saat Melahirkan Masih Ditemukan di Gunungkidul

“Progam apapun dari pemerintah maupun TNI tidak akan berjalan tanpa ada semangat membangun dari masyarakat. Untuk TMMD di Banaran ini saya rasa sangat kompak dan semangat,” terang dia.

Sementara itu, Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi mengungkapkan bahwa TMMD ini selain dari peningkatan guyup rukun dan gotongroyong juga banyak membantu pembangunan di wilayah yang sebelumnya kesulitan akses. Sehingga, hal tersebut berpengaruh terhadap mobilitas masyarakat dan barang.

“Terimakasih terhadap jajaran TNI yang saya anggap banyak menyelesaikan permasalahan di pinggir dan banyak menyelesaikan masalah di Gunungkidul,” kata Immawan.

“Adanya pembangunan ini membuat akses distribusi barang oleh masyarakat lebih mudah,” sambungnya.

Ia berharap apa yang telah dibangun selama ini dapat menjadi pondasi lebih kokoh di dalam kehidupan bermasyarakat. Setelah adanya pembangunan yang ada, diharapkan nantinya dapat meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat.

Berita Lainnya  Demi Ladang Basah di Musim Kering, Inovasi Petani Sodo Patut Diacungi Jempol

“Kalau komentar tentang TMMD itu antara baik dan baik sekali,” ujar dia.

Sementara itu, Komandan Kodim 0730 Letkol inf Noppy Laksana Armyanto kegiatan TMMD sendiri untuk saat ini tidak hanya berupa pembangunan fisik. Demi mendorong terwujudnya kebersamaan antar warga yang cukup beragam ini, TNI mengelar kegiatan bersih-bersih lokasi ibadah yang ada di Banaran, Kecamatan Playen.

“Sarana untuk mempererat masyarakat yang cukup beragam ini kita ajak untuk kerja bakti bersama membersihkan baik Masjid, Pura, Gereja dan tempat ibadah lain yang ada di sini,” kata Noppy.

Menurut Noppy, dengan adanya kerukunan antar umat beragama ini dapat meningkatkan kekompakan di lapisan masyarakat paling bawah. Hal itu, ia yakini mampu menjadi dasar persatuan dan kesatuan Republik Indonesia.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler