fbpx
Connect with us

Pendidikan

Ratusan SD Masih Kekurangan Siswa, Dinas Perbolehkan Buka Pendaftaran Hingga Akhir Libur Sekolah

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)– Masa Penerimaan Pesera Didik Baru (PPDB) jenjang Sekolah Dasar (SD) di Gunungkidul telah usai. Dinas Pendidikan Gunungkidul mencatat ratusan SD yang mengikuti PPDB tahun ajaran 2023/2024 masih kekurangan murid.

Sekretaris Dinas Pendidikan Gunungkidul, Taufik Aminudin, saat ditemui membenarkan hal tersebut. Namun menurutnya adanya sekolah yang masih kekurangan murid saat PPDB dimungkinkan karena adanya kendala teknis dalam sistem. Kendala tersebut dapat berupa buruknya akses internet sehingga update ataupun verifikasi belum terbaca di sistem.

“Kalau dari data memang masih banyak yang kurang, kemungkinan karena ada kendala seperti tahun lalu pas PPDB tidak selalu penuh,” kata Sekretaris Dinas Pendidikan Gunungkidul, Taufik Aminudin, Senin (19/06/2023).

Berita Lainnya  Larang Pungutan Kepada Wali Murid Dalam Bentuk Apapun, Disdikpora Buka Layanan Aduan

Saat ini Dinas Pendidikan masih menunggu laporan resmi dari sekolah serta koordinator wilayah guna memastikan jumlah keterisian bangku SD di Gunungkidul. Ia juga memastikan calon siswa yang belum mendaftar PPDB secara online masih dapat mendafarkan dirinya secara offline atau manual di sekolah yang kuotanya masih tersedia.

“Kita masih menunggu sampai akhir juni baru ketahuan, ada juga yang sekolahnya belum mendapatkan murid terutama di wilayah pinggiran. Ini biasanya persoalan teknis,” ucap Taufik.

Kepala Bidang SD, Dinas Pendidikan Gunungkidul, Hary Sulaksana, menyebut ada 468 SD yang mengikuti PPDB tahun ajaran 2023/2024 di Gunungkidul yang hasilnya sudah diumumkan pada 16 Juni lalu. Dari data yang diterima ia mengakui masih banyak SD yang tidak memenuhi kuota sehingga dinyatakan kekurangan murid. Dari 468 SD, tercatat hanya 22 SD yang memenuhi kapasitas rombongan belajar di Gunungkidul.

Berita Lainnya  Khawatir Muncul Generasi Individualis, Dewan Dorong Disdikpora Segera Lakukan Pembelajaran Tatap Muka

“446 sekolah lainnya kurang dari kuota, ada yang terisi setengahnya ada juga yang di bawah 10 muridnya,” terang Hary.

Namun demikian ia memastikan sekolah yang belum terpenuhi kuotanya masih dapat menerima calon siswa sebelum tahun ajaran baru dimulai. Dikatakannya calon siswa dapat mendaftarkan diri secara manual di sekolah yang dimaksud.

“PPDB ini belum final, memang dari sistem masih tercatat banyak yang kekurangan murid. Besok kalau sudah selesai semua bisa kami sampaikan keterisian bangkunya,” tutup Hary.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler