fbpx
Connect with us

Pendidikan

Kampus Anyar UNY Mulai Beroperasi September 2020, Pelajar Gunungkidul Bakal Dapat Kuota Khusus

Diterbitkan

pada tanggal

Semanu,(pidjar.com)–Rencana pembangunan gedung perkuliahan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) saat ini terus dikebut. Pada Januari 2020 mendatang, proses pembangunan gedung yang rencananya akan berdiri 4 lantai tersebut akan dimulai. Diharapkan, pada tahun ajaran 2020/2021 mendatang, gedung perkuliahan ini bisa segera difungsikan. Rencananya akan dibuka 8 prodi pada kampus UNY di Gunungkidul ini.

Rektor UNY Sutrisna Wibowo mengatakan, kampus yang akan dibangun di wilayah Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu tersebut dikhususkan untuk vokasi. Rencananya, ada 8 prodi yang terdiri dari Prodi Pengelolan Usaha Rekreasi, Logistik Perdagangan Internasional, Bisnis Kreatif, Bisnis Digital, Tata Boga, Tata Busana, Akuntansi, dan Teknik Informatika yang akan beroperasi di kampus ini. Delapan prodi ini sendiri ditargetkan dapat menerima mahasiswa di tahun 2020 mendatang. Sutrisno menyebut, gedung kampus baru ini akan bisa dioperasikan pada September 2020 mendatang.

Berita Lainnya  Gara-gara Zonasi, Mimpi Anak Pedagang Untuk Sekolah di SMK Negeri 1 Wonosari Pupus

“Disesuaikan dengan kondisi ataupun potensi Gunungkidul. Pemerintah ingin mengembangkan pendidikan yang lebih produktif untuk menjawab tantangan jaman sekarang,” kata Sutrisno Wibowo.

Pada program ini, dari mahasiswa yang hendak masuk kuliah dapat mengikuti jenjang D1, D2, D3 ataupun D4 disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan masing-masing. Sutrisno menambahkan, dalam penerimaan mahasiswa baru sendiri nantinya dari pelajar Gunungkidul akan mendapatkan prioritas.

“Tentu ada alokasi khusus bagi pelajar Gunungkidul,” imbuh dia.

Disinggung mengenai kuota yang akan diberikan pada pelajar Gunungkidul, ia masih belum dapat mengungkapkan dengan gamblang. Namun demikian, diharapkan kuota khusus tersebut bisa mencapai 50 persen dari jumlah mahasiswa yang diterima.

Sutrisna juga menyebut, pihaknya juga akan menyediakan program beasiswa Bidikmisi bagi anak-anak Gunungkidul yang kemampuan ekonomi kurang mampu tetapi memiliki berbagai macam prestasi.

Berita Lainnya  Honor GTT, PTT dan Guru Pengganti Dipastikan Naik 2020 Mendatang, Segini Besarannya

“Akan kita carikan beasiswa bagi anak-anak Gunungkidul yang kurang mampu tapi pintar dan berprestasi, akan kita bantu biaya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Gunungkidul Bahron Rasyid menyambut baik alokasi khusus mahasiswa UNY untuk pelajar Gunungkidul tersebut. Saat ini, pihaknya tengah merumuskan terkait jumlah alokasi khusus bagi generasi muda Gunungkidul bersama UNY. Pembangunan satuan pendidikan negeri di Gunungkidul merupakan cita-cita yang selama ini diimpikan oleh pemerintah, khususnya Bupati Badingah.

Ia mengungkapkan, hadirnya kampus UNY tersebut merupakan atas permintaan Pemkab Gunungkidul. Hal itu guna menciptakan generasi Bumi Handayani menjadi generasi berdaya saing tinggi, maju, mandiri dan sejahtera.

“Sekarang sedang kita rumuskan jumlahnya (kuota pelajar Gunungkidul), mungkin kalau jumlahnya 40 orang dalam sekelas nanti yang alokasi khususnya berapa jumlahnya,” ujarnya.

Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler