fbpx
Connect with us

Info Ringan

Resep Es Dhawet Kacang Merah

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Di Indonesia ada beragam minuman lezat yang cocok dijadikan saat buka puasa, salah satunya adalah es dawet. Es dawet yang biasanya terbuat dari tepung beras ini diolah dengan sedemikian rupa dan ditambah dengan menu lainnya. Sehingga bisa menambah selera saat di tenggorokan. Rasa manis yang identik dengan es dawet, sensasi dingin dapat menghilangkan dahaga setelah berpuasa seharian penuh. Untuk bisa mendapatkan es dawet, kamu tidak perlu pusing. Kamu bisa membuatnya di rumah dengan cepat dan praktis. Tentunya dengan bahan pilihan yang baik dan asli, dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti batuk.

Bahan:
-50 gram tepung sagu
-100 gram tepung beras
-65 ml air suji
-800 ml air

Bahan kacang merah:
-100 gram gula merah, disisir
-200 gram kacang merah, direbus sampai empuk
-500 cc air

Bahan sirup gula merah:
-250 cc air
-250 gram gula merah, disisir
-1/4 sdt garam
-2 lembar daun pandan

Bahan pelengkap:
-kolang-kaling
-es serut

Langkah:
a. Cara membuat dawet, larutkan tepung beras dan tepung sagu dengan air, air suji, dan garam. Lalu rebus sampai kental dan meletup-letup. Setelah matang, tuang dalam cetakan dawet yang sudah diletakkan di atas baskom berisi air es. Lalu sisihkan terlebih dahulu.
b. Rebus kacang merah dengan gula dan air sampai empuk lalu dinginkan.
c. Untuk bahan sirup gula merahnya, didihkan gula merah dengan air, daun pandan, dan garam di atas api kecil sampai kental.
d. Untuk kuah santan, rebus kuah santan sambil diaduk hingga mendidih.
e. Terkahir, campurkan semua bahan yang sudah jadi tadi. dawet dengan es serut, kacang merah, sirup gula merah, dan kuah santan.
f. Es dawet kacang merah sudah siap disajikan.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler