fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Cerita Unik di Balik  Bunga Mawar

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Bunga tercantik di dunia ini disukai banyak kaum hawa. Tak hanya fisiknya saja yang menawan, namun aromanya juga sangat wangi. Bahkan, kini aroma mawar merupakan salah satu wewangian favorit para wanita Indonesia. Tak disangka, di balik kecantikannya yang telah mendunia, bunga mawar memiliki banyak cerita unik yang sangat sayang untuk dilewatkan. Penasaran apa saja cerita uniknya? Dilansir dari berbagai sumber, yuk, simak.

Tanaman Tertua Di Dunia

Bunga mawar merupakan tanaman tertua di dunia. Fosil bunga mawar ditemukan sekitar 35 juta tahun yang lalu di Florissant, Colorado, AS. Mawar tertua di dunia tumbuh selama lebih dari seribu tahun di dinding Katedral Hildesheim, di Jerman. Keberadaan mawar tertua di dunia tersebut mulai didokumentasikan sejak 815 Masehi. Menariknya lagi, budidaya bunga mawar dimulai 500 tahun Sebelum Masehi dan menghasilkan sekitar 13.000 spesies mawar.

Setiap Warna Memiliki Makna Yang Berbeda-Beda

Bunga mawar memiliki lebih dari 100 spesies, dengan variasi warna, bentuk, dan juga preferensi iklim. Warna mawar tergantung pada spesiesnya dan setiap warna memiliki makna yang berbeda lho. Mawar merah yang merupakan simbol dari cinta dan gairah, kemudian mawar merah muda yang memiliki makna cinta yang bersemi, lalu mawar kuning merupakan tanda persahabatan yang universal, mawar putih merupakan simbol kemurnian dan kedamaian, dan mawar oranye yang merupakan simbol dari hasrat dan semangat.

Bunga Mawar Bisa Tumbuh Lebih Dari 7 Meter

Selain warnanya, ukuran bunga mawar juga tergantung dengan spesiesnya. Berdasarkan spesiesnya, bunga mawar dapat tumbuh dengan sangat tinggi lho. Tercatat semak mawar tertinggi yang pernah ada yaitu lebih dari 7 meter atau lebih dari 23 kaki.

Minyak Mawar Digunakan Untuk Bahan Parfum

Dengan aromanya yang sangat wangi, gak heran jika bunga yang terkenal dengan durinya ini, berperan besar dalam industri parfum. Minyak mawar merupakan bahan penting untuk membuat parfum. Aroma mawar yang sangat wangi ini berasal dari kelenjar parfum mikroskopis yang ada di bagian kelopaknya. Aroma mawar mewakili 4 hal lho, yaitu emosi positif, romantis, sensual dan kebahagiaan.

Banyak Digunakan Untuk Bahan Kuliner

Tak hanya digunakan sebagai bahan untuk membuat parfum, ternyata bunga mawar juga banyak digunakan untuk bahan kuliner, lho. Bagian pinggul dan kelopak mawar digunakan sebagai bahan membuat selai. Selain itu, air mawar digunakan untuk membuat permen karet, nougat, dan baklava. Bunga mawar juga sering digunakan untuk membuat kue dan juga salad. Wah, gak hanya wangi namun juga lezat!

Sumber Penghasilan Yang Tinggi Bagi Beberapa Negara

Dengan banyaknya fungsi yang dimilikinya, gak heran jika bunga mawar memiliki peranan penting bagi perekonomian di beberapa negara. Sekitar seperempat bunga mawar yang dijual di Amerika Serikat berasal dari Ekuador. Selain itu, hampir 80 persen dari 40 milyar batang bunga potong seperti mawar, yang berasal dari Ekuador dan Kolombia dijual di Amerika Serikat. Oleh sebab itu, bunga mawar merupakan sumber penghasilan yang tinggi di Amerika Selatan, yang mempekerjakaan lebih dari seperempat juta orang. Tak hanya sumber penghasilan yang tinggi di Amerika Selatan, bunga mawar juga merupakan sumber penghasilan yang cukup tinggi lho di Prancis. Sekitar 60 persen bunga potong yang dibeli di Prancis adalah bunga mawar. Negara yang terkenal dengan keromantisannya tersebut mampu menjual 600 juta potong mawar setiap tahunnya.

Sebagai Simbol Rahasia

Bunga yang terkenal dengan keromantisannya ini, ternyata berperan penting lho pada kehidupan orang Romawi. Orang Romawi kuno menanam mawar di perkebunan yang luas untuk memanfaatkan sebagai ekstrak obat, bahan masakan, ornamen, dan dekorasi ruangan. Selain itu, orang Romawi memakai bunga mawar dengan tali di leher mereka, dan menganggap apa pun yang dibicarakan di bawah mawar adalah rahasia.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler