fbpx
Connect with us

Pendidikan

Resmi, Pelajar Dapat Subsidi Kuota Internet Untuk Belajar di Rumah

Diterbitkan

pada tanggal

Wonosari,(pidjar.com)–Pengadaan kuota untuk siswa dan guru resmi diberlakukan selama masa Belajar di Rumah (BDR). Belum lama ini, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Gunungkidul resmi mengeluarkan kebijakan terkait pengalihan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk subsidi kuota internet.

Kepala Disdikpora Gunungkidul Bahron Rasyid menuturkan, anggaran subsidi pulsa ini merupakan pengalihan dari anggaran UNBK jenjang SD dan SMP yang dibatalkan tahun ini. Pengalihan ini sebagai fasilitas kegiatan BDR dan proses belajar mengajar selama pandemi corona.

“Anggaran tersebut dialihkan untuk pembelian pulsa, paket data dan atau layanan pendidikan daring berbayar bagi pendidik dan peserta didik,” jelas Bahron, Kamis (30/04/2020).

Lebih lanjut ia mengatakan, anggaran tersebut disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan masing-masing sekolah. Tiap satuan pendidikan dari jenjang SD dan SMP diminta melapor ke kepala bidang masing-masing terkait penggunaan anggaran.

“Selain sebagai subsidi pulsa, sekolah juga diminta memanfaatkan anggaran untuk pengadaan cairan disinfektan, sabun, masker, hingga penunjang kesehatan lainnya,” paparnya.

Terpisah, Kabid SMP Disdikpora Gunungkidul Kisworo menambahkan, sudah mendiskusikan dan menyampaikan kebijakan tersebut ke sekolah-sekolah.

“Penerapannya seperti apa diserahkan ke sekolah masing-masing. Namun ada wacana didistribusikan dalam bentuk nomor seri voucher ke pelajar dan guru,” jelas Kisworo.

Menurutnya, cara ini dipilih agar pelajar tidak perlu datang ke sekolah untuk mengambil subsidi pulsa atau paket data tersebut. Nomor seri voucher akan dikirimkan ke nomor ponsel masing-masing pelajar atau lewat orang tua.

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 1 Playen Syaebani mengatakan pihaknya saat ini sudah melakukan pendataan seluruh nomor ponsel pelajar. Proses tersebut dilakukan sejak minggu lalu.

“Kemungkinan dalam minggu ini subsidi pulsa bisa diterima, jadi tinggal menunggu saja,” tandas dia.

Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler