fbpx
Connect with us

Pendidikan

Ribuan Siswa SD Mengulang ASPD IPA

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Rabu (02/05/2021) kemarin sebanyak 9.701 siswa Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Gunungkidul mengikuti pengulangan Asesmen Standar Penilaian Daerah (ASPD) mata pelajaran IPA. Pengamatan dari dinas sendiri pelaksanaan pengulangan ASPD ini berjalan lancar.

Kepala Bidang Sekolah Dasar, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Gunungkidul, Sumarto mengatakan tanggal 27 Mei lalu saat penyelenggaraan ASPD mata pelajaran IPA tejadi. trobel berupa keselahan teknis dimana banyak soal yang multitafsir. Dari trobel itu mengharuskan dilakukan pengulangan dengan jadwal yang ditentukan.

Sebagai contohnya pada perintah soal, pilihlah satu yang paling benar kemudian ditulis pilihlah beberapa yang benar, ini rancu membuat siswa bingung. Adapun kerancuan soal tersebut sejumlah 30% dari jumlah soal. Pembuat soal sendiri, lanjut Sumarto, merupakan kewenangan Disdikpora DIY.

“Hari ini kita lakukan pengulangan ASPD mata pelajaran IPA untuk 9.701 siswa dari 547 sekolah,” kata Sumarto.

Dalam pelaksanaannya dibagi menjadi 2 dua sesi yaitu untuk pagi dan siang. Sejauh ini berdasarkan pengamatan yang tim pelaksanaan ASPD ini berjalan lancar dan tidak ada kendala.

Setelah pengulangan ASPD ini akan dilakukan ujian susulan pada untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika.

“Untuk Bahasa Indonesia 24 siswa dan Matematikan 23 siswa. Mulai Kamis dilakukan ujian sususlan ini,” ucap Sumarto.

Lebih lanjut ia mengatakan hasil ASPD ini tidak menjadi penentu kelulusan. Sebab nilai kelulusan siswa diambil dari ujian sekolah dan beberapa sumber nilai lain selama mengikuti pembelajaran.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler