fbpx
Connect with us

Pendidikan

Pembangunan Kampus Vokasi UNY Dinilai Picu Munculnya Universitas Swasta

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Pembangunan Kampus Vokasi UNY di Gunungkidul dinilai akan banyak memunculkan dampak positif. Selain peningkatan SDM serta ekomoni, di perkirakan juga akan memicu munculnya universitas swatsa lainnya.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Gunungkidul, Bahron Rosyid mengatakan, munculnya kampus UNY tidak akan meredupkan universitas swasta yang ada saat ini. Justru menurut Bahron hal itu akan memicu munculnya universitas swasta baru.

“Justru tidak, malah nanti akan banyak universitas swasta baru bermunculan,” kata Bahron beberapa waktu lalu.

Ia mencontohkan di Yogyakarta sendiri saat ini banyak universitas negeri berkembang. Sehingga Yogyakarta menjadi tujuan para calon mahasiswa. Ketika mereka tidak diterima di PTN negeri, mereka akan lari ke swasta karena terlanjur ingin kuliah di Yogyakarta

“Misal tidak diterima di negeri maka larinya ke swasta. Saya kira akan begitu juga nantinya. Dengan adanya PTN di Gunungkidul ini menjadi jawaban kemajuan SDM kita,” terang dia.

Diharapkan, dengan adanya pembangunan kampus di Gunungkidul nantinya dapat meningkatkan kwalitas SDM. Mengingat, kompetisi saat ini sangat ketat dalam menghadapi perkembangan pariwisata di Gunungkidul.

“Sudah ada SMK yang memiliki jurusan pariwisata, di wilayah Purwosari. Tetapi jika ada perguruan tinggi utamanya yang negeri dan memiliki sekolah vokasi pada bidang pariwisata, boga dan busana akan semakin baik,” ucap dia.

Selain itu, dengan adanya perguruan tinggi dapat memicu semangat masyarakat untuk bersekolah. Sebab selama ini lama sekolah masyarakat di Gunungkidul berada pada angka 8 tahun 3 bulan atau tidak tamat SMP. Tentusaja, angka tersebut masih dibawah yang ditargetkan yakni 12 tahun.

“Warga Gunungkidul yang usaianya 25 tahun itu lama pendidikanya 8 tahun tiga bulan, kalau targetnyakan 12 tahun,” kata Bahron.

Untuk itu, pemerintah terus melakukan upaya untuk mengenjot lama sekolah. Mengingat saat ini perkembangan pariwisata yang cukup pesat harus diimbangi dengan SDM yang kompetitif.

Bupati Gunungkidul, Badingah berharap agar UNY bisa membuka sekolah vokasi di Gunungkidul untuk mensejahterakan masyarakat dan memangkas pembiayaan. Sehingga warga Gunungkidul dapat meneruskan dalam menuntut ilmu tanpa harus pergi ke Yogyakarta.

“Banyak siswa putus sekolah di sini karena masalah biaya. Apabila kuliah di Yogyakarta harus mengeluarkan biaya untuk kost dan makan,” kata dia.

Menurut Badingah Gunungkidul memiliki modal sosial yang luar biasa namun perlu peningkatan dari sisi modal sumber daya manusia. Untuk itu perlu sinergi antara kampus dengan Pemda dalam mencerdaskan siswa Gunungkidul.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler