fbpx
Connect with us

Pariwisata

Ribuan Wisatawan Terus Serbu Kawasan Pantai Selatan Gunungkidul

Published

on

Tanjungsari,(pidjar.com)–Ribuan wisatawan dari berbagai daerah nekat hendak masuk ke kawasan pariwisata khususnya pantai Gunungkidul pada Selasa (17/08/2021) ini. Serbuan wisatawan ini tentunya cukup membuat petugas gabungan yang ditempatkan di sejumlah titik TPR kewalahan dalam menghalau. Sebab sebagaimana diketahui, obyek wisata hingga saat ini masih tutup karena adanya penerapan kebijakan PPKM Level 4 yang kembali diperpanjang.

Koordinator TPR Baron, Supardi mengatakan, sejak pagi tadi, wisatawan yang hendak masuk ke kawasan pantai selatan bahkan mencapai ribuan orang. Dilihat dari plat nomor kendaraannya, para wisatawan itu berasal dari berbagai daerah. Meski telah jauh-jauh datang, para wisatawan tersebut tetap tak diperkenankan masuk dan kemudian diminta untuk putar balik.

Petugas sendiri juga memberikan pengertian bahwa obyek wisata Gunungkidul sekarang ini masih ditutup oleh pemerintah. Menurut Supardi, fenomena kedatangan wisatawan yang hendak masuk ke kawasan wisata sendiri sudah terjadi sejak seminggu terakhir.

“Hari ini sekitar 1.000an wisatawan yang kami halau, semua kami minta putar balik. Selain petugas TPR, kita juga bekerjasama dengan Satpol PP, Dinas Perhubungan, dan petugas SAR,” ungkapnya, Selasa sore.

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan, kendaraan yang hendak masuk ini didominasi plat AD, AB, AA, H, dan I. Saat diberi pengertian oleh petugas, para wisatawan tersebut beralasan hendak pulang ke rumah saudara, ke Rongkop, Panggang, Pacitan dan lainnya.

“Semua kami halau. Mudah-mudahan tidak ada yang lolos. Memang ada beberapa yang ngeyel,” jelasnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh salah seorang penjaga TPR JJLS, Wijang Antok. Hari ini saja, ada ratusan orang wisatawan yang hendak masuk ke pantai. Seluruh wisatawan itu kemudian dihalau dan diminta untuk putar balik.

“Kita tegaskan jika wisata belum buka. Mayoritas yang datang itu dari DIY dan Jawa Tengah,” ucap Wijang Antok.

Sejak beberapa hari terakhir memang banyak calon wisatawan yang hendak masuk. Petugas kemudian meningkatkan penjagaan agar tidak ada wisatawan yang menerobos peraturan.

Kondisi seperti ini tidak hanya terjadi di kawasan barat, melainkan di wilayah timur pun juga sama. Petugas TPR dan SAR bersiaga di TPR Girisubo menertibkan sekitar 500 wisatawan.

“Momentum libur Hari Kemerdekaan, para calon wisatawan mulai berdatangan. Hari ini ada 500an orang yang kami minta putar balik,” ucap Sunu Handoko Bayu Segara, Koordinator SAR Satlinmas Wilayah 1.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler