fbpx
Connect with us

Politik

Sejumlah Partai Politik Mulai Wajibkan Kadernya Ikuti Vaksinasi Covid19

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Akselerasi vaksinasi terus dilakukan oleh Dinas Kesehatan. Sejumlah lembaga digandeng untuk mempercepat capaian vaksinasi covid19 di Kabupaten Gunungkidul. Saat ini, program ini telah mencapai separuh dari target yang telah ditentukan. Tak hanya obyek-obyek wisata maupun fasilitas kesehatan serta kantor pemerintahan hingga tempat ibadah, Dinas Kesehatan mulai menggandeng partai-partai politik untuk menyukseskan program vaksinasi. Sejumlah partai politik telah menyatakan dukungan penuh terhadap program ini.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul, Dewi Irawaty mengungkapkan saat ini pihaknya terus melakukan vaksin terhadap lansia, pelajar, dan petugas publik. Adapun sejumlah lembaga juga turut bekerjasama dalam mensukseskan vaksinasi covid19 ini.

Berdasarkan data yang ada, saat ini capaian vaksinasi di Kabupaten Gunungkidul sudah mencapai 212.735 orang atau sudah 35,75 persen dari target 70 persen warga Gunungkidul yang wajib tervaksin.

“Vaksinasi terus berjalan di fasilitas kesehatan yang ada maupun pada event-event tertentu,” kata Dewi Irawaty, Selasa (17/08/2021).

Akselerasi vaksinasi sendiri saat berada di track yang tepat dengan mulai adanya trend penurunan penularan covid19. Pada akhir Juni sampai dengan awal Agustus kemarin, kasus terkonfirmasi sangat tinggi bahkan pernah menyentuh angka 400 seharinya. Demikian dengan angka kematian yang juga tinggi. Seiring dengan kebijakan pemerintah dan kepatuhan penduduk saat ini, angka terkonfirmasi mulai turun.

“Kemarin hanya 63 tambahannya dan 5 orang meninggal dengan ketersediaan BOR mencapai 50 persen. Kalau Selasa ini, tambahan kasus ada 48 dengan pasien sembuh sebanyak 106 orang serta 10 pasien meninggal dunia,” urai Dewi.

Sementara Ketua DPD PKS Gunungkidul, Tri Iwan Isbumaryani mengatakan, sesuai dengan ketentuan yang berlaku, seluruh kader PKS diwajibkan untuk mengikuti vaksinasi covid19. Targetnya di Gunungkidul sebanyak 500 kader tervaksin, kecuali mereka yang memiliki sakit penyerta atau kendala lainnya.

“Target 500 orang kader dan masyarakat yang dilakukan secara bertahap. Kali ini 50 orang yang divaksin di Klinik PDHI,” ungkap Tri Iwan.

Lebih lanjut ia mengatakan di kalangan bawah memang ada pro dan kontra terkait dengan vaksin covid19 akan tetapi dari DPD sendiri juga memberikan edukasi kepada para kader dan masyarakat bahwa vaksin ini aman dan halal. Sehingga tidak perlu ada perdebatan lain.

“Hal semacam itu pasti terjadi. Banyak anggapan-anggapan masyarakat, namun kami berusaha memberikan pengertian,” jelasnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh DPC PDIP Gunungkidul. Ketua DPC PDIP Gunungkidul, Endah Subekti Kuntariningsih mengajak seluruh kader maupun simpatisan PDIP untuk mengikuti program vaksinasi. Ia juga telah menugaskan kepada seluruh kader di kalangan bawah untuk memberikan edukasi kepada masyarakat perihal pentingnya vaksin.

“Kita lakukan gerakan bersama agar program vaksinasi sukses demi kesehatan rakyat. Supaya kita bisa segera merdeka dari pandemi,” tandas dia.

Vaksin sendiri menurutnya sangat penting untuk membentuk ketahanan pada diri masing-masing dan tahapan pembentukan kekebalan komunal. Semakin banyak dan semakin cepat masyarakat tervaksin, maka ia meyakini bahwa kemudian masyarakat bisa melakukan kegiatan kembali meski juga tentunya harus menerapkan protokol kesehatan.

“Kita sudah pasang baliho ajakan vaksin di seluruh penjuru Gunungkidul,” tutup Ketua DPRD Gunungkidul ini.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler