fbpx
Connect with us

event

Sahabat Cempluk bersama Bali Usada Gelar Meditasi Pikiran Harmoni untuk Odapus

Diterbitkan

pada

BDG

Jogja,(pidjar-com-525357.hostingersite.com)–Sahabat Cempluk bersama Bali Usada dengan dukungan penuh dari RS. Panti Rapih mengadakan One Day Learning Meditation bagi penyembuhan autoimun yang dilaksanakan pada tanggal 3 september 2023. Acara tersebut berlangsung selama 4 sesi di mana masing-masing sesi turut diperkenalkan terkait materi meditasi dan praktiknya. Mengulik depresi dan stres merupakan salah satu respon psikologis yang dialami oleh odapus (orang dengan lupus).
Founder Sahabat Cempluk, Ian Sofyan mengatakan ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk mengatasi gejala lupus sekaligus meningkatkan kualitas hidup seseorang dengan lupus itu, salah satunya dengan meditasi.
“Salah satu cara untuk membantu mengatasi depresi dan stres adalah dengan meditasi. Meditasi dapat menenangkan jiwa dan membantu mengatasi ketakutan yang berlebihan. Animo peserta sangat tinggi, lebh dari 80 pserta yang hadir. Didukung fasilitas dari rumah sakit Panti Rapih. Kami memang berkolaborasi bersama-sama. Kalau untuk hari ini bersama Bali Usada baru kali ini, untuk penyembuhan holistic,”papar Ian.
Instruktur Bali Usada Health Meditation, Agus Wiyono menjelaskan apabila meditasi mampu menghadirkan pikiran harmonis kepada sahabat cempluk.
“Bali Husada mengajarkan pikiran harmoni sebagai bentuk dukungan kepada odapus agar bisa mengelola emosi dan memunculkan pikiran harmonis guna penyembuhan penyakit di badan kasar, meridian, cakra, mental, dan memori. Orang yang memiliki pikiran harmonis, sadar, dan bijaksana di badan dan pikiran, akan bisa lebih mudah menjadi sehat dan kuat ketika menghadapi masa-masa sulit,”ucap Agus.
Dokter sekaligus bidang Pengembangan Usaha dan Kerjasama RS Panti Rapih, dr. Caraka Anto Yuwono, MM, juga mengatakan meditasi menjadi salah satu upaya untuk meringankan bahkan menyembuhkan berbagai penyakit termasuk odapus.
“Tidak semua orang mengetahui dengan tepat bagaimana melakukan tata cara meditasi yang baik dan benar. Namun, perlu diingat bahwa salah satu kunci utama melakukan meditasi adalah fokus untuk menenangkan diri dan pikiran hingga konsentrasi. Penyembuhan holistik sejalan dengan cita-cita kami yaitu holistik care. Baik dari segi medisnya kemudian dari segi mental spiritual nya dan main body show ini harus seimbang semua,” tutur dr. Caraka.
Salah satu pengidap odapus, Dini membagikan pengalamannya mengontrol autoimun yang diidapnya dengan meditasi. Ia mengaku saat didiagnosis menderita lupus, kesehatan mental nya berantakan dan kondisi tubuhnya kian memburuk.
“Dalam mencoba alternatif meditasi untuk mengobati depresi, kecemasan, atau stres ternyata berimbas dari penyakit lupus saya. Maka saya ingin sekali berbagi kepada teman teman Odapus. Saya mulai meditasi Oktober 2020. Ada dua kali Tapa Brata yang saya ikuti di Bali Usada. Sudah satu tahun setelah meditasi, saya terbebaskan dari obat-obatan odapus,” tandasnya.

Berita Lainnya  Keluarga Menjadi Kunci Terciptanya Generasi Berkualitas


Sahabat Cempluk merupakan komunitas pendukung bagi pasien Autoimun terutama Autoimun LUPUS yang didirikan oleh Ian Sofyan seorang Odapus (Orang dengan Lupus) dan digerakan oleh para volunteer yang sebagian besar adalah Odapus juga. Berdiri sejak tahun 2014 Sahabat Cempluk bertujuan untuk memberikan edukasi dan dukungan fasilitas bagi Odapus dan keluarganya.
Acara Meditasi tersebut didukung oleh Bali Usada dan RS Panti Rapih Yogyakarta serta dukungan dari beberapa komunitas dan yayasan Autoimun, seperti Yayasan Tittari Solo, Komunitas Beautiful Butterfly, Komunitas Lupus Warrior Jogja, dan lain sebagainya yang ikut berpartisipasi menjadi peserta meditasi. Adapun pemberian donasi sebesar Rp. 13,8 Juta yang diberikan oleh salah satu inisiator alumni Sahabat Meditasi Bali Usada ke 888 Tapa Brata 2 (BU882TB2) dan Komunitas Lupus Warrior masing masing Rp. 500. 000,- untuk 2 orang odapus.

Berita Lainnya  Bukit Teletubies Riwayatmu Kini, Mungkinkah Akan Bangkit Lagi?

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler