fbpx
Connect with us

Politik

Saling Salip Para Calon Bupati PAN di Tikungan Terakhir dan Potensi Tersingkirnya Immawan

Diterbitkan

pada tanggal

Wonosari,(pidjar.com)–Konstelasi politik jelang pendaftaran calon Bupati dari partai politik terus bergulir panas. Saling salip antar masing-masing tokoh terus berlangsung. Pendekatan dengan petinggi partai politik pun menjadi dinamika umum yang terus terjadi sejak beberapa waktu terakhir.

Seperti yang terjadi di tubuh Partai Amanat Nasional. Jelang babak akhir surat sakti rekomendasi calon Bupati dari PAN, perkembangan politik dari partai berlambang matahari ini menjadi sangat menarik. Sebelumnya, PAN dikabarkan telah fix untuk mengusung Wakil Bupati Immawan Wahyudi sebagai Calon Bupati. Namun demikian, pada menit-menit akhir menjelang pengumuman rekomendasi, Immawan Wahyudi mendapatkan saingan berat dari dua tokoh lain yaitu dari pejabat di lingkungan Kementrian Pertahanan, Mayor Sunaryanta dan Rektor UNY, Sutrisno Wibowo.

Kedua tokoh tersebut cukup agresif dalam menarik perhatian PAN. Kekuatan PAN dalam Pilkada sendiri memang tak bisa diremehkan. Sudah 3 kali PAN memenangkan kontestasi Pilkada di Gunungkidul. Sehingga tak bisa dipungkiri, dinamika politik di PAN ini akan menjadi salah satu perhitungan utama dalam bursa Pilkada.

Kejutan besar sangat mungkin terjadi di PAN. Bukan tidak mungkin Immawan Wahyudi yang sebelumnya nyaman bersama PAN akan tersingkir dari bursa pencalonan. Ada beberapa faktor yang kemudian menjadi pertimbangan kemungkinan atau bahkan bisa disebut kejutan ini terjadi. Di antaranya adalah tersingkirnya Amien Rais dalam kepengurusan DPP PAN. Gerbong Amien Rais memang tak sekuat dulu setelah dalam Munas PAN beberapa waktu lalu dikalahkan oleh kubu Zulkifli Hasan. Selama ini, posisi Immawan Wahyudi sendiri sangat kuat lantaran dekat dengan Amien Rais.

Sinyal tersingkirnya Immawan dalam persaingan calon Bupati usungan PAN mulai santer terdengar pasca kabar pertemuan Mayor Sunaryanta dengan Ketua Umum DPP PAN, Zulkifli Hasan dan Bendahara Umum DPP PAN, Totok Daryanto di kantor Pengurus Wilayah Muhammadiyah, Yogyakarta. Masih belum diketahui materi dari pertemuan dari Mayor Sunaryanta bersama para petinggi PAN tersebut. Namun diyakini, pertemuan tersebut membahas perkembangan Pilkada, termasuk dalam hal ini tokoh-tokoh yang akan diusung PAN. Zulkifli Hasan bersama Totok Daryanto sendiri selain bertemu Sunaryanta, juga bertemu dengan calon Bupati Bantul, Ardi Widanto serta Calon Bupati Klaten, Arif Budiyono. Adapun kedua nama terakhir yang disebut, dikabarkan telah hampir pasti akan diusung PAN dalam Pilkada di daerah masing-masing.

Berita Lainnya  Dikabarkan Ikut Kampanye, Seorang KPPS Mengundurkan Diri

Saat dikonfirmasi usai pertemuan berlangsung, Bendahara Umum DPP PAN, Totok Daryanto menyebut bahwa di DIY, Kabupaten Gunungkidul mendapatkan salah satu perhatian khusus. Memang diantara 3 Kabupaten yang akan menggelar Pilkada, hanya Gunungkidul yang masih belum menentukan calon yang direkomendasikan. Di Kabupaten Bantul, surat rekomendasi telah turun dengan PAN mengusung calon Bupati Ardi Widanto. Sementara di Sleman, PAN akan mengusung Mumtaz Rais sebagai calon Wakil Bupati.

“Memang tinggal Gunungkidul yang masih belum ditentukan,” terang Totok, akhir pekan lalu.

DPP PAN sendiri akan segera memerintahkan DPD PAN Gunungkidul maupun DPW PAN DIY untuk segera melakukan pembahasan mendalam berkaitan dengan siapa calon yang akan diusung. Pihaknya menargetkan, pada akhir Maret atau paling lambat awal April 2020 ini, rekomendasi telah ada sehingga partai maupun calon bisa segera menentukan langkah politik yang jelas.

Kepada calon yang mendapatkan rekomendasi, Totok menyatakan bahwa yang bersangkutan kemudian harus mencari parpol pengusung lainnya maupun pasangan calonnya. Koalisi memang sangat diperlukan mengingat di Gunungkidul, PAN yang hanya mengantongi 6 kursi di DPRD Gunungkidul, harus berkoalisi untuk kemudian bisa mengusung Calon Bupati dan Wakil Bupati.

Berita Lainnya  Isi Jabatan Wakil Ketua DPRD Yang Lowong, Partai Golkar Ajukan Nama Tunggal Untuk Gantikan Almarhum Marsiyono

“Yang jelas, satu yang menjadi pertimbangan, dari tokoh-tokoh potensial yang ada, memang harus diterima oleh parpol koalisi,” imbuhnya.

Berdasarkan laporan sementara yang masuk ke pihaknya, ada 3 tokoh yang berpeluang untuk diusung PAN. Selain nama Immawan, ada nama Mayor Sunaryanta dan Sutrisno Wibowo. Ketiga nama ini saat ini tengah digodog oleh para pengurus di tingkat daerah. Nantinya, nama-nama ini akan disaring hingga mengerucut ke satu nama yang akan mendapatkan surat rekomendasi.

Berkaitan dengan pertemuan dantara Ketua Umum DPP PAN dengan Mayor Sunaryanta, Totok membenarkan bahwa pertemuan tersebut berkaitan dengan Pilkada. Ia menyebut bahwa Sunaryanta memang menjadi salah satu pembahasan khusus tokoh yang akan diusung dalam Pilkada Gunungkidul. Namun begitu, ia secara diplomatis menjawab bahwa belum ada keputusan apapun berkaitan dengan tokoh usungan PAN.

“Kita tunggu saja nanti akhir Maret atau awal April,” tandasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPD PAN Gunungkidul, Heri Kriswanto menyatakan siap untuk menindaklanjuti perintah dari DPP PAN. Dalam waktu dekat ini, DPD PAN akan segera melangsungkan rapat koordinasi berkaitan dengan rekomendasi calon bupati.

Heri menegaskan, adanya instruksi untuk segera mengeluarkan rekomendasi ini justru menjadi angin segar bagi jajaran pengurus maupun kader di daerah. Dengan adanya kepastian ini, maka nantinya akan menjadi pedoman bagi mereka dalam melangkah.

“Masih belum ada bayangan siapa yang akan mendapatkan rekomendasi. Yang jelas kita patuh dan taat kepada apapun keputusan DPP,” tutup Heri.

Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler