fbpx
Connect with us

Politik

Saling Silang Dukung Mendukung Kandidat Calon Bupati, Partai Demokrat di Ambang Perpecahan

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Isu perpecahan Partai Demokrat menjelang Pilkada 2020 santer terdengar akhir-akhir ini. Sejumlah elit partai bermanuver dalam dukung mendukung para kandidat calon bupati dan wakil bupati yang santer dikabarkan akan maju. Selain itu, munculnya dua arah dukungan yang berseberangan memperkuat isu perpecahan tersebut.

Demokrat sendiri dalam Pilkada mendatang sangat kuat dirumorkan akan berkoalisi dengan Partai NasDem dengan mengusung pasangan Wahyu Purwanto dan Bahron Rosyid. Bahron bahkan sudah mendaftar secara resmi melalui partai besutan mantan Presiden SBY itu. Riak-riak mulai muncul manakala di tengah derasnya rumor koalisi NasDem dan Demokrat, sejumlah pengurus DPC Demokrat Gunungkidul terpantau mengarahkan bidikan kepada kandidat calon lainnya, Mayor Sunaryanto yang santer dikabarkan akan diusung koalisi Gerindra dan Golkar.

Salah satu pengurus DPC Demokrat yang kepergok tengah menjalin pertemuan dengan Mayor Sunaryanto adalah Sekretaris DPD Demokrat Gunungkidul, Suroso. Kepada pidjar.com, ia menuturkan bahwa hingga saat ini belum ada intruksi partai secara resmi untuk mendukung calon tertentu dalam Pilkada 2020 mendatang. Namun demikian, ia tak memungkiri bahwa sejumlah elemen dan kader partai sangat mengharapkan Demokrat untuk mengusung Mayor Sunaryanta. Ia menyebut bahwa selama ini PAC-PAC Demokrat telah akrab dengan Mayor Sunaryanto dalam artian beberapa kali telah menjalin komunikasi.

Berita Lainnya  Terlanjur Jatuh Cinta Pada Gunungkidul, Ipar Jokowi Nyatakan Siap Maju Dalam Pilkada

“Komunikasi dengan Pak Sunaryanto sudah lama terjalin, bahkan ketua-ketua PAC sering dijak pertemuan hingga tahunya nanti mau mendukung pak Sunaryanta,” ujar Suroso, Kamis (27/02/2020).

Berkaitan dengan arah dukungan Demokrat kepada pasangan Wahyu Purwanto dan Bahron Rosyid, Suroso dengan tegas menyebut hal tersebut adalah belum pasti. Ia juga mengakui bahwa Bahron yang akan diplot menjadi calon Wakil Bupati melalui partai Demokrat telah mendaftar di partainya.

“Beberapa waktu yang lalu, saya memang menyaksikan Bahron mendaftar calon wakil bopati lewat Partai Demokrat. Tapi kan baru mendaftar dikirim ke DPD atau belum saya juga tidak tahu, karena secara atministrasi saya juga belum menandatangani surat pengajuan ke DPD/DPP, karena mekanismenya saya juga tidak tau sekertaris itu dilibatkan secara atministrasi atau nggak,” beber dia.

Selama ini, dirinya juga belum memerima intruksi partai terkait dengan arah koalisi. Sebab ketua PAC sendiri juga belum pernah diajak berembuk tentang koalisi dan arah dalam mendukung Bahron. Sehingga kemudian, ia bersama para Ketua-ketua PAC merasa tak masalah untuk menjalin komunikasi politik lanjutan dengan Mayor Sunaryanta.

Berita Lainnya  Tak Hanya Kepala Desa, Polemik BKK Diduga Jadi Bancakan Oknum Anggota DPRD Juga Dikeluhkan Kalangan Dewan

“Kalau ada temen PAC kesana-kemari wajar saja karena Demokrat belum resmi berkoalisi dengan siapa atau mendukung siapa,” ucap dia.

Sementara itu, Ketua DPC Partai Demokrat Gunungkidul, Supriyani Astuti memilih untuk irit bicara disinggung adanya perbedaan arah dukungan diantara pengurus DPC Demokrat Gunungkidul. Dirinya hanya menyampaikan bahwa hingga saat ini arah koalisi dan dukungan Partai Demokrat masih belum terkunci.

“Sampai saat ini belum ada surat dari DPP terkait dengan arah koalisi. Sebagai yang dituakan saya tidak akan gegabah,” sebut Yani yang merupakan anggota DPRD Gunungkidul ini.

Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler