fbpx
Connect with us

Sosial

Sambut Peringatan Sumpah Pemuda, KNPI Gelar Kegiatan Sosial dan Dorong Pemuda Berpartisipasi Dalam Pilkada

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)-Tanggal 28 Oktober mendatang akan diperingati Hari Sumpah Pemuda, untuk itu Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Gunungkidul mulai Sabtu, (25/10/2020) menggelar aksi sosial yaitu donor darah di aula Mako Kodim 0730/Gunungkidul. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mendorong para pemuda lebih perduli dengan sesama, terlebih mereka yang membutuhkan salah satunya kebutuhan darah bagi yang menderita sakit.

Ketua KNPI Gunungkidul Heri Santosa mengatakan, di tengah pandemi saat ini peringatan Hari Sumpah Pemuda dapat diwujudkan dengan kepedulian dengan sesama. Tema bersatu dan bangkit dapat diimplementasikan dengan mencontoh para pemersatu Nusantara sampai terbentuknya Indonesia.

“Generasi muda harus mampu bangun dari situasi pandemi dengan terus berkarya pada tatanan baru,” papar Heri, Minggu (25/10/2020).

Donor darah siang tadi diikuti oleh sejumlah orang. Mayoritas dari mereka merupakan pemuda Gunungkidul yang tergerak untuk saling berbagi dengan cara mereka.

Selain aksi donor darah, KNPI Gunungkidul juga akan mengadakan serasehan kepemudaan pada 28 Oktober mendatang. Kemudian sebagai puncaknya akan diselenggarakan pula launching kegiatan “Muda Bicara Bersama Kawal Pilkada” yang akan diselenggarkan pada bulan November mendatang.

Pihaknya juga akan melakukan Deklarasi Pilkada Damai sebagai bentuk respon terselenggaranya Pilkada serentak. Menurutnya, kaum muda sendiri juga harus memiliki andil dalam kontestasi politik. Ikut berpartisipasi dan tetap menjaga suhu daerah.

“Dimomentum Pilkada ini sesungguhnya momentum yang sangat strategis untuk menentukan pilihan pada pemimpin visioner,” jelas Heri.

Menurutnya pemuda harus memiliki argumen yang kuat pada sosok figur yang dipilih bukan karena pragmatis, disisi lain pemuda jangan sampai apatis terhadap politik, dan tetap menggunakan hak pilih dengan rasional.

Terpisah, Ketua PMI Gunungkidul, Iswandoyo mengatakan, pada kegiatan KNPI kemarin mendapatkan 28 kantong darah dari para pendonor. PMI sangat mengapresiasi kegiatan semacam ini, dengan begitu dapat membantu persediaan dmdarah di Kabupaten Gunungkidul, terlebih belakangan stok darah tidaklah terlalu banyak.

“Dari kegiatan KNPI ini terkumpul 7 kantong darah golongan A, 20 kantong darah golongan B, 10 kantong darah golongan O, dan 1 kantong golongan AB,” papar Iswandoyo.

Dengan demikian hingga Minggu (25/10/2020) ini stok darah golongan A 7 kantong, B 20 kantong, 0 10 kantong dan juga AB 1 kantong.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler