fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Satu Warga Gunungkidul Suspek Antraks

Diterbitkan

pada

BDG

Gedangsari,(pidjar-com-525357.hostingersite.com)– Kasus antraks kembali muncul di Gunungkidul. Kamis (07/03/2024) kemarin, Dinas Kesehatan Gunungkidul melaporkan adanya 1 warga Gedangsari suspek antraks dan tengah menjalani perawatan di rumah sakit.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul, Dewi Irawaty mengatakan, sore kemarin pihaknya mendapatkan laporan adanya satu warga Gedangsari yang dirawat di RSUD Prambanan. Hasil pemeriksaan menyebutkan yang bersangkutan suspek antraks. Dari laporan tersebut, Dinkes Gunungkidul kemudian berkoordinasi dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Gunungkidul.

Kemudian Jumat (08/03/2024), petugas turun ke lapangan untuk pengumpulan data berkaitan dengan kronologi awal dan penanganan di wilayah Gedangsari

“Laporannya baru kemarin dan hari ini baru turun ke lapangan. Sehingga untuk data yang kami terima masih sangat minim,” kata Dewi Irawaty ditemui di Kantor Bupati Gunungkidul, Jumat pagi.

Adapun pelacakan yang dilakukan adalah mengenai riwayat ternak mati, penanganan ternak, hingga kemungkinan warga mengonsumsi daging ternak mati ataupun kontak dengan hewan tersebut.

Berita Lainnya  Stop Buang Limbah Sembarangan, Jaga Kualitas Air di Gunungkidul

“Baru pelacakan di lapangan, sore mungkin baru diupdate pelaporannya,” papar dia.

Sementara itu, Panewu Gedangsari, Eko Krisdiyanto membenarkan adanya laporan satu warga di Padukuhan Kayoman, Kalurahan Serut, Kapanewon Gedangsari yang suspek antraks. Penanganan sendiri kemudian dilakukan oleh jajaran kapanewon, puskesmas dan puskeswan di wilayah tersebut.

“Kronologisnya belum konfirmasi tim di lapangan. Tadi dari Puskesmas ada yang melaporkan warga sakit suspek antraks,” kata Eko.

Ia mengatakan, kemarin terdapat sapi mati mendadak dan kemudian dilakukan penanganan atau penguburan oleh puskeswan.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler