fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Setelah 34 Tahun, Gunungkidul Kembali Raih Adipura

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar-com-525357.hostingersite.com)– Mungkin ada yang berbeda dengan aktivitas di jalan umum Wonosari pada Jumat (08/03/2024) pagi tadi. Ratusan pegawai Dinas Lingkungan Hidup berjalan dari kantor mereka di Siyono menuju Pemkab Gunungkidul dengan membawa sebuah piala. Mereka mengarak piala Adipura yang sangat dinantikan sejak 34 tahun lalu.

Baru baru ini, Kabupaten Gunungkidul berhasil mendapatkan Piagam dan Piala Adipura. Untuk mendapatkan predikat dan piagam Adipura Kota Wonosari Kabupaten Gunungkidul untuk Kategori Kota Kecil setelah 34 tahun lalu, tepatnya tahun 1991 lalu juga berhasil mendapatkannya.

“Penghargaan Adipura merupakan penghargaan dari Presiden RI melalui kementerian Lingkungan Hidup,” kata Antonius Hary Sukmono saat acara penyerahan Piagam Adipura kepada Bupati Gunungkidul, Jumat (8/3/2024).

Berita Lainnya  Gunungkidul Butuh Terobosan, Fraksi PDIP Siap Dukung Wacana Interpelasi Golkar Terhadap Bupati Sunaryanta

Untuk mendapatkan predikat ini tentu ada kerjasama yang bagus dengan berbagai pihak khususnya para petugas kebersihan yang setiap harinya melakukan pembersihan di sejumlah lokasi. Adapun dalam penilaian Adipura sendiri diantaranya memiliki kontribusi besar dalam penyelenggaraan kebersihan kota dan ruang terbuka hijau.

“Meski patut berbangga namun kami tidak boleh terlena dan harus tetap berkomitmen dalam menjaga kebersihan daerah. Tentunya juga perlu dukungan dan komitmen kita bersama (masyarakat dan pemerintah) kedepan agar dapat terus mempertahankan gelar kota Adipura dan dapat ditingkatkan menjadi Adipura Kencana.” tambah Hary.

Bupati Gunungkidul Sunaryanta pun mengapresiasi atas capaian yang luar biasa ini. Setelah 34 tahun menanti kembali predikat kota kecil yang bersih, akhirnya Gunungkidul mendapatkan piagam Adipura kembali. Sebagai bentuk apresiasi terhadap stakeholder dan menunjukkan capaian yang luar biasa ini, Bupati berencana membangun sebuah tugu Adipura.

Berita Lainnya  Koperasi Gunungkidul Didominasi Jenis Simpan Pinjam

“Mengapresiasi setinggi-tingginya kepada para rekan-rekan Dinas Lingkungan Hidup atas kinerjanya. Sebagai bentuk apresiasi kami rencanakan pembangunan Tugu Adipura, untuk lokasinya masih belum ditentukan,” ucap Sunaryanta.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler