fbpx
Connect with us

Sosial

SD N Kemadang Rajai Lomba Bercerita Anak Kabupaten Gunungkidul

Diterbitkan

pada tanggal

Wonosari, (pidjar.com)–Dalam rangka meningkatkan minat baca dan ketersediaan fasilitas membaca bagi seluruh lapisan masyarakat, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Gunungkidul menggelar sejumlah perlombaan. Adapun perlombaan sendiri antara lain terdiri dari Lomba Festival Lapak Perpustakaan Desa, Lomba Perpustakaan Desa, Lomba Perpustakaan SD/MI, Lomba Perpustakaan SMP/MTS dan Lomba Bercerita SD/MI. Lomba-lomba tersebut digelar di DPK pada 22 hingga 27 Agustus lalu.

Kepala DPK Gunungkidul, Ali Ridlo menuturkan, sejumlah kegiatan ini dilakukan untuk ajang sosialisasi budaya literasi sekaligus juga mempertemukan kalangan pembaca dengan pengelola perpustakaan. Dengan adanya event semacam ini, selain mengenal perihal perpustakaan, kalangan masyarakat khususnya pelajar juga bisa saling beradu pengetahuan mengenai perpustakaan.

“Jadi lomba ini merupakan pertemuan bagi pembaca dan pengelola perpustakaan dan sarana untuk meningkatkan minat masyarakat untuk datang ke perpustakaan,” ujar Ali Ridlo kepada pidjar.com, Rabu (28/08/2019).

Adapun hasil dari perlombaan itu sendiri antarsa lain untuk bidang Festival Lapak Perpustakaan Desa dimenangkan oleh Perpustakaan Khazanah Info Desa Bejiharjo yang mendapatkan nilai 290, juara II diraih oleh Perpustakaan Khasanah Ilmu Desa Dengok dengan nilai 251 serta juara III Balai Pintar Desa Pengkol dengan nilai 238. Sementara untuk Lomba Perpustakaan Desa dimenangkan oleh Perpusdes Cemerlang Desa Ngawu dengan nilai 3.360. Untuk kategori ini, juara II Perpusdes Kreatif Desa Gedangrejo dengan nilai 2.980 dan Perpusdes Giri Pustaka Desa Giripanggung dengan nilai 2.970.

Berita Lainnya  Penetapan Kawasan Ekonomi Khusus Disebut Jadi Solusi Masalah Kesejahteraan Masyarakat Gunungkidul

Sementara untuk kategori lomba perpustakaan SD/MI dijuarai oleh Perpustakaan Permata SD Mijahan II Semanu dengan skor 6.310, kemudian juara II ialah Perpustakaan Bakti Wacana MIN II Gunungkidul dengan skor 6.290 dan juara III ialah Perpustakaan Menambah Ilmu SD Ngoro-oro dengan skor 6.270. Di tingkat SMP/MTS juara I diraih oleh SMPN Purwosari dengan skor 7.030, juara II diraih oleh SMPN 2 Patuk dengan nilai 6.990 dan juara III MTSN 1 Gunungkidul dengan nilai 6.920.

“Yang kami nilai dari sisi administrasi dan layanan yang ada di masing-masing perpustakaan baik di sekolah maupun desa. Juara I hingga III dari masing-masing kategori berhak mewakili Gunungkidul dalam perlombaan di tingkat provinsi,” ujar Ali.

Ia menambahkan, dalam ajang ini, pihaknya juga menggelar lomba bercerita yang dikhususkan untuk pembaca di tingkat sekolah dasar. SD Kemadang Kecamatan Tanjungsari menjadi unggulan untuk kategori ini. Karena dari kedua siswanya yakni Nur Sakina Salsabila dan Dhiva Candry Ariscaputri berhasil menduduki peringkat pertama dan ketiga. Sedangkan untuk peringkat dua sendiri merupakan siswa SD Candi Kecamatan Semin, Reyhana Kalista.

Berita Lainnya  Partisipasi Rayakan Kemerdekaan, Warga Sulap Goa dan Lautan Jadi Lokasi Upacara

“Kita dorong anak-anak SD ini cinta terhadap perpustakaan,” beber dia.

Sementara itu, pendamping lomba bercerita SD Kemadang, Triwidya mengatakan, hasil positif yang didapat anak asuhnya ini berkat kerja keras. Segala persiapan anak didiknya untuk maju lomba telah dipersiapkan sejak jauh-jauh hari. Menurutnya, saat ini siswa-siswi SD Kemadang memiliki minat baca yang tergolong tinggi di tengah gerusan kemajuan teknologi.

“Latihannya dilakukan setelah Kegiatan Belajar Mengajar selesai. Kebetulan para siswa semangat sekali mengikuti event perlombaan ini dengan rajin berlatih. Pembimbing hanya sekedar mengarahkan namun bakat semakin terasah,” tandasnya.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler