fbpx
Connect with us

Sosial

Tambahan Kasus Positif Covid19 di Gunungkidul, Perempuan Berusia 34 Tahun

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Kasus Covid-19 di Gunungkidul masih terus mengalami penambahan dalam beberapa hari terakhir. Penambahan kasus tersebut merupakan hasil tracing yang dilakukan Dinas Kesehatan Gunungkidul terhadap dua kasus positif yang menjadi awal mula klaster Karangmojo.

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty menjelaskan, sampai saat ini jumlah kasus positif covid-19 di Gunungkidul mencapai 44 kasus. Satu kasus tambahan terakhir ini merupakan seorang perempuan warga Kecamatan Wonosari berusia 34 tahun.

“Ini berdasarkan penelusuran kami masih dari klaster Karangmojo,” ucap Dewi, Selasa (09/06/2020).

Ia menjelaskan, dalam kasus ini, perempuan tersebut tidak melakukan kontak dengan dua kasus positif awal. Namun begitu, ia tertular dari orang yang tertular dari dua kasus sebelumnya.

Berita Lainnya  Kesadaran Ikuti BPJS Ketenagakerjaan Rendah, Ribuan Pekerja Informal Rentan Terdampak Resiko Kecelakaan Kerja

“Jadi dari dua orang itu ke orang lain, kemudian baru ke perempuan ini,” jelasnya.

Tambahan kasus ini merupakan hasil tracing yang dilakukan oleh Dinkes Gunungkidul. Data terakhir, tercatat ada 311 orang dari hasil penelusuran klaster Karangmojo yang harus menjalani rapid tes. Hasilnya, ada 12 orang yang hasil rapid tesnya reaktif. Saat ini, sudah ada 6 kasus positif dari klaster Karangmojo ini

“Ini klaster besar, bagaimana bisa dibayangkan petugas melakukan tracing di klaster ini,” terang Dewi.

Lebih lanjut dikatakan, dalam rangka peningkatan pelayanan, Dinkes melakukan kerjasama dengan pihak luar untuk meningkatkan kualitas SDM yang ada di Puskesmas. Saat ini, pihaknya tengah melakukan on the job training kepada petugas medis agar dapat melakukan pengambilan sampel swab.

Berita Lainnya  Sebulan Berselang, Amblesnya Ratusan Meter Persegi Ladang Pertanian Warga Masih Misterius

“Semua analis yang ada di Puskesmas mampu mengambil swab. Sehingga masyarakat tidak perlu ke RSUD Wonosari nantinya. Akan meringankan banyak pihak dalam penanganan covid ini,” ucap dia.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler