fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Sedang Dibahas, Pemerintah Berencana Lanjutkan Pemberian Bantuan dari APBD Gunungkidul

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)—Pemerintah kabupaten Gunungkidul saat ini tengah melakukan pembahasan mengenai kelanjutan bantuan sosial yang bersumber dari APBD Gunungkidul. Kondisi yang sekarang masih belum stabil menjadi salah satu pertimbangan dilanjutkannya penyaluran bantuan tunai ini di kalangan masyarakat. Kendati demikian, masih ada beberapa pertimbangan yang menjadi bahasan pemerintah.

Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Gunungkidul Wijang Eka Aswana, mengatakan, dari pemerintah sendiri saat ini sedang melakukan pembahasan yang intensif mengenai penyaluran bantuan tersebut. Langkah pemberian bantuan ini dilakukan agar masyarakat sedikit terbantu dalam pemenuhan kebutuhan mereka di tengah kondisi perekonomian yang seperti sekarang.

“Kita masih wait and see bagaimana perkembangan di lapangan. Sembari menyusun skema dan pembahasan mengenai bantuan lanjutan ini,” kata Wijang Eka Aswana. Kamis (30/07/2020).

Adapun saat untuk bantuan lanjutan ini memang agak berbeda jika dibandingkan dengan pemberian bantuan tunai beberapa waktu lalu. Dimana skema penyaluran bantuandari APBD tersebut akan diberikan kepada keluarga yang sama sekali  belum pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat, pemerintah kabupaten maupun dari pemerintah desa.

“Untuk basisnya kita ambil keluarga bukan individu. Sebagian juga ada yang masuk pada data terpadu kesejahteraan sosial,” jelas dia.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, saat ini Dinas Sosial masih belum bisa memastikan berapa total penerima bantuan lanjutan serta total rupiah yang akan dikeluarkan. Adapun terdapat beberapa opsi yang masih dalam pembahasan yakni besaran 200 ribu rupiah untuk tiga bulan atau 300 ribu rupiah untuk 2 bulan.

“Masih belum final mengenai besaran dan jumlah keluarga penerima. Nanti petugas akan melakukan penyisiran DTKS yang sama sekali belum menerima bantuan, untuk data ini kami minta dari kalurahan,” ujar dia.

Sementara itu, Kepala Bidang Kesejahteraan Sosial, Dinas Sosial Gunungkidul, Hadi Hendro Prayogi mengatakan, mengenai bantuan lanjutan ini masih dalam pembahasan pimpinan. Belum terddapat info detail dan kepastiannya. Sekarang ini dinsos masih melakukan pemantauan penyaluran bantuan dari kemensos.

“Kalau yang data pengganti itu sudah disalurkan, ada 6149 KPM sudah menerimanya,” tutup dia.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler