fbpx
Connect with us

Pariwisata

Sejumlah Obyek Wisata Ajukan Izin Uji Coba Terima Wisatawan

Diterbitkan

pada tanggal

Wonosai,(pidjar.com)–Dinas Pariwisata Gunungkidul beberapa waktu lalu memutuskan masa uji coba obyek wisata tahap dua dimulai pada tanggal 1 hingga 31 Juli 2020. Seperti pada uji coba tahap pertama, hanya empat obyek wisata yang dibuka. Keempatnya yakni Kali Suci, Pantai Baron, Pantai Kukup dan Gunung Api Nglanggeran. Namun seiring dengan dibuka kembali obyek wisata ini, sejumlah destinasi lainnya juga mengajukan izin untuk melaksanakan uji coba.

Sekretaris Dinas Pariwisata, Harry Sukmono mengatakan, hingga akhir pekan ini, pengelola Goa Pindul, Air Terjun Sri Gethuk dan Lembah Ngingrong tekah menyampaikan secara informal izin untuk uji coba. Goa Pindul telah mengajukan surat rekomendasi untuk uji coba.

“Sedangkan untuk Lembah Ngingrong, pihak pengelola baru berkomunikasi secara lisan,” ujar Harry, Sabtu (04/07/2020).

Sejauh ini, di obyek wisata Air Terjun Sri Gethuk, pengelola telah melakukan sosialisasi secara mandiri terhadap pedagang dan anggota pokdarwis terkait dengan protokol layanan wisata di masa new normal. Menurutnya, Dispar Gunungkidl secara terbuka memberikan kesempatan bagi destinasi wisata lain, termasuk pihak swasta jika ingin melakukan uji coba.

“Hanya saja, ada berbagai persyaratan yang harus dipenuhi,” imbuhnya.

Harry mengatakan, pihak pengelola harus menunggu surat rekomendasi ke Dispar dan Gugus Tugas Penanganan covid19. Di samping itu, pengelola wajib mengikuti tata laksana protokol kesehatan yang tertuang dalam Surat Edaran Kepala Dispar Gunungkidul.

“Baik dari fasilitas, SDM, hingga pengelolaannya harus siap dan sesuai dengan persyaratan dalam SE tersebut,” jelas Harry.

Terpisah, Ketua Desa Wisata Bleberan Tri Harjono membenarkan bahwa pihaknya sudah melakukan proses sosialisasi. Proses tersebut didampingi langsung oleh tim dari Dispar.

Pihaknya juga sudah melakukan pembersihan hingga pembuatan jalur masuk dan keluar bagi wisatawan secara terpisah. Nantinya akan dilakukan pula gladi bersih sebagai persiapan pelaksanaan Uji Coba.

“Gladi bersih internal akan kami lakukan, menyusul simulasi pada 10 Juli nanti,” kata Tri.

Pasca simulasi, pengelola Sri Getuk akan mengurus surat rekomendasi yang ditujukan pada Gugus Tugas Penanganan covid19.

Tri pun berharap pengajuan rekomendasi yang nantinya diserahkan segera turun, sehingga pengelola bisa melaksanakan Uji Coba pembukaan sesuai rencana.

“Jika tak ada halangan, mudah-mudahan 15 Juli ini sudah bisa menerima tamu,” tutup dia.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler