fbpx
Connect with us

Pariwisata

Uji Coba Tahap Kedua, Ini Sejumlah Obyek Wisata Yang Segera Dibuka Kembali

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)–Dinas Pariwisata Gunungkidul beberapa waktu lalu memutuskan masa uji coba obyek wisata tahap dua dimulai pada tanggal 1 hingga 31 Juli 2020. Berbeda dalam uji coba tahap pertama di mana hanya empat obyek wisata yang dibuka, pada tahap kedua ini, obyek-obyek wisata lainnya diperbolehkan dibuka secara mandiri. Sejumlah pengelola obyek wisata sendiri mulai mengajukan izin untuk melaksanakan uji coba pembukaan obyek wisata.

Sekretaris Dinas Pariwisata, Harry Sukmono mengatakan, hingga akhir pekan ini, sudah ada beberapa pengelola obyek wisata yang meminta izin untuk pembukaan obyek. Diantaranya yang telah mengajukan permohonan izin adalah obyek wisata Goa Pindul, Air Terjun Sri Gethuk dan Lembah Ngingrong. Dari ketiganya, pengelola Goa Pindul yang paling serius dengan telah mengajukan surat rekomendasi untuk uji coba.

Berita Lainnya  Berbagai Alasan Lucu Para Wisatawan Coba Kelabui Petugas TPR

“Sedangkan untuk Lembah Ngingrong, pihak pengelola baru berkomunikasi secara lisan,” ujar Harry, Sabtu (04/07/2020).

Sejauh ini, di obyek wisata Air Terjun Sri Gethuk, pengelola telah melakukan sosialisasi secara mandiri terhadap pedagang dan anggota pokdarwis terkait dengan protokol layanan wisata di masa new normal. Menurutnya, Dispar Gunungkidl secara terbuka memberikan kesempatan bagi destinasi wisata lain, termasuk pihak swasta jika ingin melakukan uji coba.

“Hanya saja, ada berbagai persyaratan yang harus dipenuhi,” imbuhnya.

Harry mengatakan, pihak pengelola harus menunggu surat rekomendasi ke Dispar dan Gugus Tugas Penanganan Covid19. Di samping itu, pengelola juga wajib mengikuti tata laksana protokol kesehatan yang tertuang dalam Surat Edaran Kepala Dispar Gunungkidul.

Berita Lainnya  Virtual Tour Gunung Api Purba Nglanggeran Banyak Diminati Wisatawan

“Baik dari fasilitas, SDM, hingga pengelolaannya harus siap dan sesuai dengan persyaratan dalam SE tersebut,” jelas Harry.

Terpisah, Ketua Desa Wisata Bleberan Tri Harjono membenarkan bahwa pihaknya sudah melakukan proses sosialisasi berkaitan dengan pembukaan kembali obyek wisata Sri Gethuk. Proses tersebut didampingi langsung oleh tim dari Dispar.

Pihaknya juga sudah melakukan pembersihan hingga pembuatan jalur masuk dan keluar bagi wisatawan secara terpisah. Nantinya akan dilakukan pula gladi bersih sebagai persiapan pelaksanaan Uji Coba.

“Gladi bersih internal akan kami lakukan, menyusul simulasi pada 10 Juli 2020 nanti,” kata Tri.

Pasca simulasi, pengelola Sri Getuk akan mengurus surat rekomendasi yang ditujukan pada Gugus Tugas Penanganan covid19.

Berita Lainnya  Camping Syahdu di Pantai Kayu Arum

Tri pun berharap pengajuan rekomendasi yang nantinya diserahkan segera turun, sehingga pengelola bisa melaksanakan uji coba pembukaan sesuai rencana.

“Jika tak ada halangan, mudah-mudahan 15 Juli ini sudah bisa menerima tamu,” tutup dia.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler