fbpx
Connect with us

Info Ringan

Sekolah Swasta Ini Turut Berupaya Lestarikan Kebudayaan

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar-com-525357.hostingersite.com)– SMP Muhammadiyah Al Mujahidin Gunungkidul mengadakan kegiatan Gelar Budaya dalam rangka Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Dalam kegiatan ini, beberapa kebudayaan daerah mulai dari Sabang hingga Merauke ditampilkan oleh para siswa.  Tema Gelar Budaya SMP Muhammadiyah Al Mujahidin yaitu Nyawiji Makarti.

Ketua panitia Gelar Budaya, Albina Khanza Ramadhany berharap seluruh siswa SMP Muhammadiyah Al Mujahidin sebagai generasi muda khususnya Gen-Z mampu mengembangkan dan meningkatkan upaya dalam melestarikan kebudayaan.

“Dengan kegiatan ini dan pengenalan yang kami lakukan diharapkan para siswa ini dapat turut melestarikan kebudayaan, warisan nenek moyang agar tidak  tergerus perkembangan zaman,” jelasnya, Sabtu (11/5/2024).

Siswa SMP Muhammadiyah Al Mujahidin tersebut menilai, dengan gelar budaya ini, ia dan teman-temannya dipersiapkan menjadi Pelajar Pancasila yang berkompetensi.

“Tentunya juga memiliki nilai-nilai luhur Pancasila, serta ikut andil dalam mewujudkan Generasi Emas untuk terus menjadikan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang maju dan adi luhung,” terangnya.

Berita Lainnya  Enam Manfaat Bunga Telang Untuk Kulit

Kepala SMP Muhammadiyah Al Mujahidin, Agus Suroyo mengatakan, budaya memiliki peran penting dalam pendidikan. Oleh karenanya, gelar budaya ini juga dalam rangka melestarikan kebudayaan. Tidak hanya dalam lingkup Yogyakarta saja, namun dari Sabang hingga Merauke.

“Dalam kegiatan ini para siswa terlibat secara langsung mulai dari mencari sponsor untuk acara tersebut hingga acara sukses digelar, siswa juga dituntur untuk kreatif dalam menampilkan budaya Nusantara,” papar Agus,

Dengan mengangkat tema Nyawiji Makarti tersebut diharapkan mampu memberikan pelajaran bagi seluruh siswa SMP Muhammadiyah Al Mujahidin dengan ikut berperan serta sebagai generasi muda untukmenjaga dan melestarikan kebudayaan Indonesia. Kegiatan tersebut diikuti seluruh siswa kelas 7 dan 8 diberikan wadah untuk berkarya dan berproses dalam menghasilkan sebuah pentas budaya nusantara.

Berita Lainnya  King of Mountain & Queen of Mountain Siap Menunggu Para 1500 Cyclist

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler