fbpx
Connect with us

Peristiwa

Selama Tahun 2020, 8 Orang Meninggal Dunia di Kawasan Pantai Selatan

Published

on

Tanjungsari,(pidjar.com)–Jumlah kasus kecelakaan laut pada 2020 ini mengalami penurunan yang cukup drastis. Hal ini lantaran jumlah kunjungan yang menurun dan juga penutupan lokasi pantai sekitar tiga bulan lantaran pandemi menjadi alasan penurunan kasus kecelakaan laut tahun ini.

Koordinator SAR Linmas Wilayah I Pantai Sadeng, Sunu Handoko Bayu Sagara mengatakan, tahun ini memang kondisi pantai cukup sepi karena pembatasan sosial akibat covid19. Berbeda dengan tahun 2019 lalu yang mencapai puluhan kasus, tahun ini hanya ada empat kasus kecelakaan laut yang terjadi di wilayah I.

“Empat kasus kecelakaan laut ini melibatkan 11 jiwa rerata nelayan yang melaut, satu di antaranya meninggal yakni pemancing terseret ombak,” kata Handoko, Rabu (23/12/2020).

Handoko menjelaskan, pihaknya saat ini tengah fokus pada pendisiplinan wisatawan terhadap protokol kesehatan. Bersama tim gabungan yakni Satpol PP dan kepolisian, setiap harinya ia menertibkan puluhan wisatawan agar taat dengan protokol kesehatan seperti penggunaan masker.

“Seperti yang diinstruksikan, harus tegas dalam menerapkan protokol kesehatan, sejauh ini memang tidak ada klaster penularan di pantai. Pada agenda libur Nataru kami juga akan standby untuk menertibkan wisatawan yang tidak patuh,” ujarnya.

Senada dengan Sunu Handoko, Koordinator Wilayah II Pantai Baron, Marjono juga mengatakan terjadi penurunan kecelakaan laut hampir 40%. Marjono mengatakan ada 53 kasus laka laut yang terjadi di sepanjang 2020. Adapun kecelakaan laut sendiri melibatkan 74 korban.

“Dari jumlah tersebut, 67 selamat dan 7 meninggal dunia. Korban meninggal seluruhnya ditemukan,” jelas Marjono.

Pihaknya pada masa libur Nataru ini menyiapkan personil selama 24 jam. Hal ini untuk memastikan agar wisatawan dapat berlibur dengan aman.

“Selain mendisiplinkan protokol kesehatan, kami juga akan giat mengingatkan bahayanya rip current Pantai Selatan,” tandas Marjono.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler