fbpx
Connect with us

Hukum

Sempat Perdayai Keponakan Penjual Angkringan, Maling HP Dibekuk Saat Mampir ke Counter

Published

on

Karangmojo, (pidjar.com)–Seorang penjual angkringan di Jalan Karangmojo- Semanu, tepatnya di Padukuhan Plumbungan, Kalurahan Gedangrejo, Kapanewon Karangmojo menjadi korban tindak pencurian. Handphone miliknya dibawa kabur oleh seorang yang tidak dikenal pada hari Minggu (10/10/2021) kemarin. Meski sempat melarikan diri, pelaku akhirnya berhasil dibekuk oleh warga setempat yang selama beberapa waktu melakukan pengejaran.

Kapolsek Karangmojo, Kompol Agus Sunarno, menceritakan, kejadian bermula ketika korban yang bernama Teguh Santoso (35) warga Padukuhan Plumbungan berjualan di angkringannya. Pada siang itu, datang seorang pelanggan pertama yang diketahui bernama SA (50) warga Kalurahan Karangasem, Kapanewon Ponjong. Saat itu, Teguh tak curiga lantaran mengira SA adalah seorang pembeli biasa. Lantaran baru saja buka, korban sendiri masih sibuk mempersiapkan sejumlah barang dagangannya.

“Korban sempat meninggalkan angkringan karena akan mengambil lauk terlebih dahulu, korban menitipkan angkringannya ke keponakannya yang bernama Rani,” ucap Agus, Senin (11/10/2021).

Ketika ditinggal pergi, angkringan sendiri dalam keadaan sepi. Hanya ada SA dan Rani yang berada di sana. Dalam kondisi seperti ini, timbul niat jahat pelaku. SA kemudian berusaha memperdaya keponakan korban. Ia memberitahu Rani jika ayahnya sedang mengalami kecelakaan dan meminta HP Samsung milik Teguh yang disimpan di dalam laci.

“Pelaku bilang ke Rani, kene hp ne, bapakmu kecelakaan. Rani yang masih polos lalu mengambil HP dan diserahkan ke pelaku,” sambungnya.

Sesaat setelah mendapatkan HP milik korban, pelaku kemudian segera beranjak. Sebelumnya, ia sempat memberi uang untuk membayar makanan dan minuman yang sebelumnya telah dipesannya. Namun rupanya, aksi SA tersebut dipergoki oleh salah seorang warga setempat yang kebetulan berada di sekitar lokasi kejadian. Warga itu lalu membuntuti pelaku.

SA sendiri terus melaju ke arah barat. Sesampainya di sebuah counter HP di wilayah Kalurahan Gading, Kapanewon Playen, pelaku berhenti untuk melakukan penghapusan data sekaligus membuat sandi anyar di HP yang baru saja dicurinya. Saat itulah kemudian warga melakukan penangkapan. Pelaku sendiri tak bisa berkutik.

“Pelaku lalu diserahkan kepada polisi. Hingga saat ini masih kita lakukan penyidikkan,” beber Agus.

Ditambahkannya, SA saat ini masih diamankan di Polsek Karangmojo. Pihaknya tengah melakukan penyelidikan maupun pengembangan untuk mencari kemungkinan ada lokasi-lokasi lain yang menjadi sasaran aksi kejahatan pelaku.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler