fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Makanan Populer dari Berbagai Negara

Diterbitkan

pada

BDG

Jogja,(pidjar.com)–Saat traveling ada masa-masa di mana  kangen sama makanan kampung halaman sendiri, tapi tetap wajib loh setidaknya tahu kuliner apa yang sedang happening di negara tempat kita kunjungi. Nah, berikut ini ada tujuh  makanan yang terlezat di berbagai negara berbeda di dunia dilansir dari foodasia.com. Yang pasti, jika  ke negara ini harus makan makanan ini. Mari kulik satu persatu!

  1. Moussaka, Yunani

Moussaka adalah masakan khas dari Yunani, yang merupakan perpaduan antara daging dan berlapis-lapis sayuran. Sayuran yang digunakan seperti terung, kentang, zucchini dan lainnya. Semua disusun dalam wadah dengan campuran keju, saus daging serta diguyur saus bechamel, dan selanjutnya dipanggang. A little bit like lasagna, dengan kandungan karbo nya pasta diganti kentang. Enak dan menyehatkan tentunya ya. Selain di Yunani, Moussaka juga bisa ditemui di negara-negara Balkan seperti Rumania, Serbia, Macedonia serta Turki. Tentunya dengan berbagai versi sesuai dengan kekhasan masing-masing negara itu. Di Turki, Moussaka atau biasa disebut Musakka , tidak dibuat berlapis-lapis, tetapi disajikan begitu saja dengan tumisan terung, bawang bombay, paprika, tomat dan daging giling. Sementara versi Balkan, dibandingkan terung, lebih populer menggunakan kentang, dengan campuran daging sapi atau daging babi giling, lapis bagian atasnya susu atau yogurt yang dicampur dengan telur, terkadang ditambah dengan tepung terigu. Ada juga beberapa versi yang menggunakan custard, parutan keju atau bread crumbs untuk lapisan atasnya

  1. Massaman, Thailand

Massaman. Mungkin terdengar aneh ya, ada masakan sejenis kari di Thailand, sementara yang kita tahu selama ini kalau Thailand lebih terkenal dengan Tom Yam Goong dan Pad Thai-nya. Tapi, ini benar loh. Bahkan CNN lewat web travel-nya telah melabelinya dengan sebutan “Raja dari Semua Makanan”. Massaman Curry bukan merupakan masakan asli Thailand, akan tetapi ada pengaruh dari negara Muslim, tepatnya dari pedagang Persia sejak abad ke 16. Oleh karena itu, hidangan ini biasanya menggunakan daging non haram seperti sapi, ayam atau bebek. Bumbu kari didominasi rempah-rempah yang rata-rata tidak digunakan oleh masakan Thailand pada umumnya seperti kayu manis, cengkeh, pala, kapulaga, pekak, kunyit dan lain-lain. Dan dikombinasikan dengan bahan-bahan lokal seperti daun cilantro, sereh, cabe kering, pasta udang, bawang putih dan lainnya. Bumbu-bumbu tersebut dihaluskan lalu ditumis dengan minyak kelapa, yang selanjutnya dicampurkan bahan-bahan lainnya seperti daging, kentang, asam, gula, garam dan santan kelapa. Massaman biasanya disantap dengan menggunakan nasi hangat. Hmm, menggugah selera sekali bukan? Yang pasti, orang Indonesia akan langsung ingat dengan kampung halamannya bila menyantap Massaman Curry, karena bahan-bahan dan cara memasaknya yang hampir sama dengan masakan Indonesia pada umumnya.

  1. Fried Chicken, Korea Selatan
Berita Lainnya  Nyam-nyam, Nasi Bakar Cumi Pedas Ala Agus Damkar Bikin Ketagihan

Korea Selatan telah menjelma menjadi salah satu destinasi wisata yang sedang ramai dikunjungi berkat demam K-Pop dan Hallyu Wave yang tengah merajai di seantero dunia. Masakan unik nan enak pun banyak ditawarkan, tetapi hingga saat ini tidak ada yang menandingi kelezatan ayam goreng versi Korea-nya, terutama buat kamu yang mulai bosan dengan ayam goreng sejenis ala warabala Amerika Serikat yang terkenal sejagad raya. Yang membedakannya adalah, ayam goreng Korea ini digoreng dua kali ssehingga kandungan minyaknya setelah digoreng menjadi berkurang, dan dibumbui dengan rempah-rempah, garam dan gula. Teksturnya berbeda dengan ayam goreng Amerika yang sarat dengan baluran tepung yang crunchy dan kerimg, ayam goreng Korea ini dilumuri saus yang bercitarasa asam, pedas dan manis, daging ayamnya chewy dan  juicy, biasanya disantap begitu saja ditemani dengan minuman soda, bir atau soju.

  1. Pho, Vietnam

Pho adalah hidangan berkuah, kaya cita rasa kaldu sapi, dengan campuran mi dan sayuran ala vietnam. Uniknya dari Pho adalah kuahnya yang bening tapi dengan rasa kaldu yang kental. Hidangan ini sederhana tetapi mengandung makna yang dalam bagi bangsa Vietnam. Dengan sejarah yang panjang dan penuh kontroversi, Pho sudah terlanjur menjadi ikon Vietnam. Digandrungi oleh masyarakat pendatang dan pengungsi, Pho konon berasal dari Utara Vietnam dan mulai populer pada Abad ke-20. Awalnya Pho hanya terdiri dari kuah, daging dan mi, akan tetapi seiring dengan perkembangan zaman Pho mulai mengalami penambahan di sana sini. Misalnya , penambahan kaldu dan daging ayam, irisan cakwe, saus ikan dan beraneka macam jenis mi. Bahkan bertransformasi menjadi Mie Gulung Pho, Salad Pho dan Mie Goreng Pho. Segala macam kreativitas itu tentunya tidak mengurangi romantisme menyantap Pho di negara asalnya, Vietnam.

  1. Paella, Spanyol
Berita Lainnya  Resep Risoles Ragout Sayuran

Ke Spanyol tanpa mencicipi nasi Paella adalah hal yang sangat disayangkan. Karena proses memasak dan bahan-bahannya yang tidak mudah didapatkan, maka berburu Paella merupakan salah satu itinerary yang wajib bila berkunjung ke Spanyol. Paella berasal dari Valencia, akan tetapi jangan khawatir hampir di sepanjang kota di Spanyol menawarkan menu Paella. Hidangan ini dimasak dalam wajan pipih yang besar dengan bahan utama beras, seafood, ayam, tomat, bawang putih, saffron, rosemary dan lain-lain. Banyak yang salah menginterpretasikan Paella seperti nasi goreng, akan tetapi proses memasaknya jelas berbeda. Bila nasi goreng menggunakan bahan berupa nasi, Paella memasak langsung beras dicampur dengan bahan-bahan lainnya hingga menjadi nasi Paella. Beras yang digunakan biasanya berbulir lonjong dan besar. Hidangan ini merupakan simbolisasi dari dua macam warisa budaya yang mempengaruhi Spanyol pada saat itu yaitu Romawi dan Arab.

  1. Penang Assam Laksa, Malaysia

Laksa adalah hidangan mi berkuah bercita rasa pedas, yang berasal dari kuliner peranakan atau perpaduan antara kuliner cina dan malaysia. Biasanya terdiri dari mi atau bihun dengan campuran ikan, udang atau ayam, diperkuat dengan kuah santan yang pedas. Banyak versi dari laksa tergantung daerahnya. Selain di Malaysia, laksa juga kerap dijumpai di Indonesia, bagian Selatan Thailand dan Singapore. Namun, CNN menobatkan Penang Assam Laksa dari Malaysia sebagai salah satu makanan terlezat di dunia. Yang membedakan Penang Assam Laksa dengan laksa sejenis lainnya, tidak menggunakan santan, rasa kuah asam dengan tambahan nanas, irisan timun dan bawang merah mentah, tanpa ada tambahan tahu goreng dan telur rebus, mi yang digunakan sejenis vermicelli yang terbuat dari tepung beras, ikan yang biasa digunakan adalah ikan kembung, menggunakan herbs seperti daun kesom, bunga kantan dan daun mint. Bila jalan-jalan ke Penang, wajib mencicipi kuliner satu ini. Rasanya yang asam pedas, sangat menyegarkan dan selalu jadi daftar wajib incaran kuliner turis mancanegara. Assam Laksa yang populer banyak di temui di daerah Pasar Air Itam, atau Cafe Joo Hooi di Jalan Penang, Taman Emas Coffee Shop di Jalan Gotlieb, atau Kafe Lok Pin di Jalan Anson.

  1. Pastel de Nata, Portugal
Berita Lainnya  Enam Spot Selfie Keren di Gunungkidul

Pastel de Nata adalah egg tart yang sangat populer di Lisbon, Portugal, dengan cita rasa lemon, cinnamon dan vanila, terkadang di taburi gula halus, dan sangat mudah dimakan dalam satu gigitan kecil. Dipercaya sudah ada dari 200 tahun silam, hasil handmade dari para biksu di biara Jeronimos, Belem, Lisbon. Pastel de Nata terbaik dan tersohor di seluruh Portugal di percaya ada di Pasteis de Belem. Bila kita mengunjungi bakery tersebut, akan terjawab mengapa pie susu di Belem adalah yang terbaik. Kerenyahan kulit pie-nya tanpa kandungan minyak yang berlebihan, cream custard-nya yang manis dan langsung lumer di mulut, benar-benar seperi heavenPie susu nya selalu disajikan hangat, fresh from the ovenbenar-benar kuliner yang legendaris dan harus dicoba bila mengunjungi Portugal.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler