fbpx
Connect with us

Info Ringan

Sepuluh  Warna Mata Natural Yang Dimiliki Oleh Manusia Di Seluruh Dunia

Diterbitkan

pada

Jogja,(pidjar.com)–Mata adalah bagian paling menarik yang dimiliki oleh manusia dan juga merupakan organ paling penting sekaligus paling sensitif. Biasanya warna mata manusia di satu tempat dan tempat lain berbeda, misalnya seperti warna mata orang Asia yang kebanyakan berwarna hitam atau cokelat. Sejak tahun 1801, saat lensa kontak diperkenalkan oleh Thomas Young, telah banyak sekali varian warna yang diproduksi di pasaran. Namun belum ada yang dapat menandingi keindahan warna mata natural. Distribusi warna mata bervariasi dan tergantung pada daerah tempat tinggal. Namun warna cokelat adalah yang mendominasi di dunia. Sedangkan warna amber, hijau, hitam murni, dan ungu adalah yang paling jarang muncul. Semakin banyak melanin yang Anda miliki, akan semakin gelap pula warna mata Anda. Berikut sepuluh warna mata natural yang dimiliki oleh manusia di seluruh dunia yang dilansir dari berbagai sumber!

Hitam

Sebenarnya warna mata ini tidak benar-benar hitam, namun lebih merupakan warna cokelat yang sangat gelap sehingga nampak seperti hitam. Menurut buku Evolution of the Eye, mata yang berwarna hitam murni sejatinya memang ada di dunia, namun pemiliknya sangat jarang dan hanya sekitar 1% orang di seluruh dunia yang terlahir dengan mata murni hitam. Seperti halnya dengan mata cokelat, “mata hitam” ini dimiliki hampir sebagian besar orang di dunia, terutama di Asia.

Cokelat

Orang dengan warna mata cokelat dianggap sebagai orang yang cerdas, dapat dipercaya, dan baik. Warna ini sangat umum dimiliki oleh manusia. Di banyak tempat di seluruh dunia, cokelat adalah satu-satunya warna selaput mata yang dimiliki mayoritas orang di dunia. Persentasenya paling tinggi dimiliki oleh orang-orang di Asia Timur, Asia Tenggara, Asia Barat, Afrika, dan Amerika. Lebih dari 50% populasi di dunia memiliki mata berwarna cokelat.

Berita Lainnya  Beberapa Penyakit Berbahaya yang Dapat Menjangkit Kala Musim Hujan

Amber

Mata berwarna amber adalah mata yang berwarna kuning atau keemasan, bahkan bisa dibilang warna ini nampak seperti warna tembaga atau berkarat. Mata ini biasanya disebut sebagai “mata serigala” karena persentasenya sangat tinggi dimiliki oleh serigala. Warna ini banyak dimiliki oleh orang-orang di Brazil atau negara-negara di benua Amerika bagian selatan dan Asia.

Biru

Orang bermata biru sering dianggap sebagai orang yang manis, baik, dan seksi. Penelitian menunjukkan bahwa hanya satu di antara enam orang yang lahir dengan warna mata biru di dunia. Penyebabnya adalah sangat sedikitnya jumlah melanin di stroma mata. Genetik ini bersifat resesif sehingga membutuhkan multigen untuk dapat melahirkan bayi bermata biru.

Biru Keabu-abuan

Warna mata ini nampak cantik, kan? Orang-orang yang terlahir dengan warna mata ini memiliki kualitas yang sama dengan orang yang bermata biru. Penyebabnya pun sama, yaitu karena sedikitnya melanin yang berfungsi untuk membentuk pigmen di mata. Warna mata ini banyak dimiliki oleh orang-orang di Eropa bagian timur dan termasuk salah satu yang paling jarang di dunia.

Hijau

Penuh tipu daya dan seksi, kombinasi mematikan yang nampak saat melihat seseorang dengan mata ini. Warna mata ini banyak dimiliki oleh orang-orang yang berasal dari Eropa bagian utara, selatan, dan tengah. Penelitian menunjukkan bahwa warna hijau dimiliki oleh mereka yang memiliki keturunan Celtic dan Jerman, serta termasuk salah satu warna mata yang jarang dimiliki orang di dunia.

Berita Lainnya  Enam Tips Agar Balita Tidur Nyenyak

Abu-Abu

Sebuah tatapan dingin yang dapat membuat Anda merinding? Warna ini adalah salah satu yang paling jarang dimiliki oleh orang di seluruh dunia, juga yang paling jarang dimiliki orang di Amerika Serikat, namun sering ditemui di wilayah Eropa utara dan timur. Warna abu-abu tercipta karena kurangnya melanin di selaput mata (iris) dan rendahnya protein yang dimiliki stroma.

Hazel

Jangan keliru mengira warna mata ini sebagai warna amber atau cokelat. Warna hazel biasanya terdiri dari iris yang berwarna cokelat muda dan hijau keemasan. Warna ini sangat umum dimiliki orang-orang di Amerika Serikat dan Eropa, namun warna ini sangat jarang ditemui orang di daerah Timur Tengah, Afrika, dan Asia. Hazel juga termasuk salah satu warna mata yang sangat jarang dimiliki di dunia.

Spektrum Warna

Warna mata dengan spektrum seperti ini memang termasuk yang jarang dimiliki, namun bukan berarti kita tidak familiar dengannya. Kita pasti sering salah mengira dan menyebut warna mata ini dengan sekadar warna biru, atau hijau. Namun warna mata spektrum ini justru merupakan campuran warna mata biru-hijau, biru-amber, biru-abu-abu, dan bahkan biru-hijau keabu-abuan. Sangat kompleks dan indah, kan?

Ungu

Warna mata ini (dan terkadang merah atau pink) benar-benar dimiliki oleh orang albino. Ini adalah kondisi genetik di mana seseorang kekurangan melanin yang dibutuhkan dalam proses pigmentasi. Sedikitnya, atau bahkan tidak adanya, melanin yang diproduksi menyebabkan mata berwarna biru sangat terang sehingga nampak seperti ungu bila dipotret menggunakan lampu flash. Ini juga merupakan warna yang paling jarang dimiliki di dunia.

Klik untuk Komentar

Berita Terpopuler