fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Manfaat Minyak Cendana

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Minyak esensial pohon cendana diekstraksi melalui penyulingan uap kayu cendana dewasa yang berusia 40 hingga 80 tahun. Semakin tua pohon cendana, maka semakin baik cadangan minyaknya dan semakin kuat aromanya. Karena termasuk barang yang tidak mudah didapat, minyak cendana adalah salah satu minyak atsiri paling mahal yang tersedia di pasaran saat ini. Sebagai informasi, sekitar 90% produksi minyak cendana dunia berasal dari India. Berikut adalah beberapa manfaat minyak cendana untuk kesehatan dan kecantikan.

Menghilangkan Rasa Cemas

Minyak cendana disebutkan memiliki efek sedatif yang mampu menenangkan peradangan, kecemasan, ketakutan, stres, dan kegelisahan. Lebih jauh lagi disebutkan kalau minyak cendana juga mampu menimbulkan relaksasi, ketenangan, konsentrasi, dan pikiran positif.

Anti-peradangan

Minyak cendana juga bisa menjadi agen anti-peradangan yang sangat efektif. Sebuah laporan mengungkapkan bahwa minyak cendana memiliki efek pendinginan yang bagus dan meringankan berbagai peradangan di otak, sistem pencernaan, saraf, peredaran darah, dan ekskresi yang dihasilkan dari infeksi, demam, efek samping dari antibiotik, keracunan, gigitan serangga, atau luka.

Berita Lainnya  Lima Deretan Film Traveling yang Menegangkan

Membantu Merawat Kulit

Manfaat lain dari minyak cendana adalah membantu merawat kulit. Disebutkan kalau minyak cendana mampu menenangkan kulit, menghilangkannya dari peradangan dan iritasi, menyembuhkan infeksi dan membuat kulit terasa segar dan sejuk. Khasiat antiseptik minyak cendana juga dapat membantu menjaga kulit tetap bersih dan cerah.

Antiseptik

Selain aman untuk penggunaan luar, minyak cendana juga aman untuk penggunaan dalam. Ketika dicerna, khasiat antiseptik minyak cendana dapat membantu melindungi luka dan bisul di bagian dalam tubuh dari infeksi. Begitu juga saat digunakan pada kulit, minyak cendana membantu melindungi luka, koreng, bisul, dan jerawat dari pengembangan infeksi atau pembusukan.

Diuretik

Karena memiliki sifat anti-peradangan, minyak cendana juga dapat membantu meredakan peradangan dalam sistem urin, sehingga urin mengalir dengan mudah. Selain itu, khasiat minyak cendana yang ini juga membantu meningkatkan frekuensi buang air kecil dan volume urin serta mengobati infeksi dan peradangan dalam sistem kemih karena racun berbahaya dikeluarkan melalui urin.

Berita Lainnya  Mengenal Bahaya Kanker Servik Bagi Kaum Hawa

Astringen

Minyak esensial cendana juga disebutkan memiliki beberapa sifat astringen yang menyebabkan kontraksi kecil di jaringan lunak tubuh, seperti gusi dan kulit. Karena sifatnya tersebut, minyak cendana terbukti bermanfaat dalam hal memperkuat gusi, mengencangkan kulit, hingga membersihkan kulit (seperti melawan jerawat dan flek hitam).

Sebagai Wewangian

Karena baunya wangi, minyak cendana juga sangat berguna dalam industri wewangian. Saat digunakan dalam proporsi yang lebih kecil dalam parfum, minyak cendana menjadi fiksatif yang sangat baik untuk meningkatkan wewangian lainnya. Sayangnya produk-produk wewangian dan kosmetik dari minyak cendana dibanderol dengan harga yang tergolong mahal.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler