fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Serahkan Bantuan Puluhan Alat Pertanian, Pemerintah Berharap Petani Gunungkidul Bangkit

Diterbitkan

pada tanggal

Wonosari,(pidjar.com)–Kementerian Petanian beberapa waktu lalu memberikan peralatan bagi petani Gunungkidul sebagai prasarana untuk mengembangkan potensi sektor pertanian. Terdapat puluhan alat yang dibagikan kepada petani, agar dapat meningkatkan hasil produktifitas masing-masing.

Kepala Bidang Tanaman Pangan, Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul, Raharjo Yuwono mengatakan jika petani Gunungkidul mendapatkan puluhan unit alat mesin, diantaranya yakni mesin penggiling padi 15 unit, mesin perontok jagung 20 unit, power treser serba guna 5 unit, traktor tangan 23 unit, dan pompa air sebanyak 12 unit. Bantuan dari pemerintah pusat ini diharapkan dapat meningkatkan produktifitas pertanian di Gunungkidul.

Kemudian untuk pompa air yang diberikan juga diharapkan dapat mengatasi permasalahan air yang selama ini terjadi. Dari pemerintah sendiri, menurut Raharjo terus berupaya memecahkan permasalahan perairan pertanian. Seperti kondisi sekarang ini, kekeringan yang terjadi berdampak pada lahan pertanian yang dinyatakan gagal panen.

“Pompa air terus diupayakan diberikan kepada para petani Gunungkidul, agar nantinya permasalahan air dapat terpecahkan,” kata Raharjo Yuwono, Selasa (09/07/2019).

Kekeringan yang melanda Gunungkidul saat ini berdampak fatal pada sektor pertanian. Bagaimana tidak, dari puluhan ribu hektare lahan pertanian sedikitnya 1918 hektare lahan dinyatakan gagal panen lantaran kondisi tanah dan tanaman yang mengering akibat kekurangan pasokan air.

Berita Lainnya  Mengenal Sosok Obed, Presiden BEM UGM Yang Jadi Bintang di Mata Najwa dan Hasratnya Pulang Kampung Membangun Gunungkidul

Tidak menutup kemungkinan, jika kondisi semacam ini dapat meluas. Pemerintah pun terus berputar pikiran agar para petani tidak begitu merugi, dorongan terhadap petani dan langkah-langkah nyata terus dilakukan agar petani Gunungkidul tidak terpuruk dengan kondisi.

“Ada beberapa langkah yang kami tempuh untuk mengatasi kondisi semacam ini. Kami juga koordinasi dengan sejumlah lembaga terkait lainnya,” papar dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Gunung Kidul Bambang Wisnu Broto mengungkapkan jika bantuan diharapkan dapat mendukung meningkatnya produktifitad pertanian di Gunungkidul. Meski saat ini puso dialami oleh sebagian masyarakat, namun Bambang meminta petani tetap tidak terpuruk dan memiliki semangat pertanian yang tinggi pula.

Berita Lainnya  Gantikan Posisi Lowong Ditinggal Pejabat Yang Ditarik ke Kecamatan dan Meninggal Dunia Karena Kecelakaan, Dua Perangkat Desa Karangasem Anyar Resmi Dilantik

“Bantuan ini diharapkan mampu meningkatkan produktifitas. Tapi berlu digaris bawahi jika peralatan ini harus digunakan sesuai dengan fungsi dan benar-benar dioptimalkan serta di rawat,” ucap Bambang.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler