fbpx
Connect with us

Uncategorized

Siapkan Pemimpin Masa Depan Berintegritas, SMKN 3 Yogyakarta Lantik 647 Siswa Taruna

Diterbitkan

pada

BDG

 

Jogja, (pidjar-com-525357.hostingersite.com) — Sebanyak 647 siswa
kelas X SMK Negeri 3 Yogyakarta,yang terdiri dari 566 siswa dan 81 siswi dilantik menjadi Taruna. Sebelumnya, para siswa tersebut telah mengikuti pendidikan Program Ketarunaan selama 1 tahun yang dilaksanakan setiap seminggu sekali. Selama masa pendidikan ketarinaan tersebut, para siswa mendapatkan berbagai hal. Mulai dari kesamaptaan, cek kesehatan atau posturisasi tubuh, baris-berbaris, kerohanian dan materi ruang yang berisi tentang peningkatan kompetensi dan soft skills siswa.

Kepala SMK Negeri 3 Yogyakarta, Widada mengatakan, sebagai taruna yang telah resmi dilantik, para siswa dituntut untuk selalu menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran, kedisiplinan, dan profesionalisme.

“Di pundak kalian terpikul harapan besar untuk menjadi pemimpin masa depan yang tangguh
dan berintegritas. Jadikanlah setiap tantangan sebagai peluang untuk belajar dan berkembang, senantiasa berpegang pada prinsip-prinsip moral dan etika. Seperti semboyan Taruna Skagata, Wira Paramartha Swakarya Bumintara, yang artinya Pemuda yang berkarakter, berbudi mulia, mandiri, dan siap berkarya untuk negeri, ” katanya di Yogyakarta, Kamis (20/6/2024).

Menurut Widada, Program Ketarunaan yang diadakan oleh sekolahnya merupakan salah satu upaya untuk membentuk karakter siswa menjadi anak yang baik, santun dan bermartabat. Program Ketarunaan merupakan sebuah program pengembangan karakter, internalisasi dan penerapan soft skill siswa yang dilakukan setiap
seminggu sekali semenjak kelas X hingga kelas XII yang disesuaikan dengan permintaan industri agar
menjadi lulusan siap didik dan siap pakai sesuai dengan kebutuhan industri.

Berita Lainnya  Hujan Semalam Suntuk, Dapur Slamet Roboh Terkena Longsor

“Dalam program ini, siswa diharapkan dapat menerapkan delapan poin. Pertama, etika berkomunikasi secara lisan dan tulisan, kedua integritas diri, yang meliputi kejujuran, disiplin, komitmen, dan tanggungjawab. Ketiga, etos kerja, disiplin, menghargai waktu, inisiatif, jujur, bertanggungjawab, memiliki dedikasi yang tinggi, perhatian terhadap detail (teliti), terbuka terhadap saran dan masukan.

Keempat, bekerja secara mandiri atau secara tim. Kemudian kelima, kepedulian sosial dan lingkungan. Keenam, ketaatan terhadap norma dan agama. Poin ketujuh adalah Kesehatan dan Keselamatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH), dan poin terakhir Prosedur Operasional Standart (POS) yang berlaku di dunia kerja,” imbuhnya.

Widada berpesan kepada para taruna yang baru saja dilantik, untuk selalu menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran, kedisiplinan dan profesionalisme. Sebab pelantikan ini bukanlah akhir, melainkan baru awal perjalanan pendidikan yang harus ditempuh paling tidak selama menjadi siswa di SMK Negeri 3 Yogyakarta.

Berita Lainnya  Gugatan 2 Caleg Dikabulkan, 464 Caleg Ditetapkan Sebagai DCT

“Saya ucapkan selamat. Kalian telah menunjukkan kemampuan dan ketangguhan yang luar biasa untuk mencapai tahap ini. Namun, ingatlah bahwa pelantikan ini bukanlah akhir, melainkan sepertiga awal dari perjalanan pendidikan di SMK Negeri 3 Yogyakarta yang harus kalian tempuh. Sebagai taruna yang telah resmi dilantik, kalian dituntut untuk selalu menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran,
kedisiplinan dan profesionalisme,” pungkasnya.(Ken).

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler