fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Siaran TV Analog Dihentikan Awal November, Pemerintah Mulai Bagikan Ribuan STB Gratis

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)–Pemerintah mulai menyalutkan bantuan Set Top Box (STB) di untuk menerima siaran TV Digital. Di Kabupaten Gunungkidul sendiri, tercatat ada belasan ribu keluarga yang mendapatkan bantuan tersebut. Hingga dibagikan beberapa saat lalu, telah ada ribuan keluarga yang telah menerima alat serta sekaligus dilakukan pemasangan.

Kepala Bidang Informasi dan Komuikasi Publik, Dinas Komunikasi dan Informatika Gunungkidul, Asar Jajang Riyanti mengatakan, sejak beberapa waktu terakhir ini, bantuan STB sudah mulai disalurkan. Adapun di Gunungkidul terdapat 17.774 keluarga yang menerima bantuan tersebut. Data hingga Selasa (25/10/2022) siang kemarin, sudah ada 10.700 keluarga atau 60an persen telah menerima dan dilakukan pemasangan secara gratis.

Berita Lainnya  Terserang Virus, Ikan-ikan Mati Massal di Ponjong dan Karangmojo

“Sudah mulai tersalurkan, untuk bantuan STB ini by name by addressnya itu dari pusat. Sedangkan kami (Kominfo daerah) hanya melakukan monitoring saja, untuk penyaluran dan pemasangan pun dari sana (vendor),” ucap Asar Janjang Riyanti.

Informasi yang diterima, dalam pemasangan ini ada sejumlah kendala yang ditemui. Seperti, ada sekitar 200 keluarga penerima bantuan belum bisa menangkap siaran digital. Sehingga perlu adanya tindakan lain. Pemasangan STB sendiri terus dikebut sebab siaran analog akan selesai pada awal November mendatang.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Gunungkidul, Wahyu Nugroho menambahkan, bantuan dari pemerintah ini tidak bisa menyasar pada seluruh masyarakat. Sebab seluruh ketentuan telah diatur oleh pemerintah pusat. Data-data yang turun pun juga berasal dari pusat.

Berita Lainnya  Kisruh di Pasar Argosari, Pedagang Keluhkan Kondisi Pasar Yang Kotor dan Bau

“Betul ada syarat khusus sebagai penerima, kita hanya menerima data tersebut dan melakukan monitoring saja,” ucap Wahyu.

Calon penerima merupakan keluarga kurang mampu yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Selain itu, harus memiliki televisi serta mampu menangkap siaran digital.

Ia berharap bantuan STB dan pemasangan ke rumah warga ini bisa berjalan lancar sehingga selesai tepat waktu.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler