fbpx
Connect with us

Olahraga

Sirnas Voli Pantai di Sepanjang, Sejumlah Atlet Kaliber Nasional Pastikan Berlaga

Diterbitkan

pada

Tanjungsari,(pidjar.com)–Pemerintah Kabupaten Gunungkidul mulai mempromosikan sport tourism yang ada di Bumi Handayani ini. Kawasan wisata yang sangat cocok digunakan untuk olahraga adalah Pantai Sepanjang yang terletak di Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari. Pemerintah bersama dengan pengurus PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia) pada bulan ini akan menyelenggarakan ajang bergengsi yaitu Sirkuit Nasional Voli Pantai Seri Pertama di pantai tersebut.

Sekretaris Dinas Kepemudaan dan Olahraga Gunungkidul, Antonius Hary Sukmono mengatakan, Pantai Sepanjang selama ini dikenal sebagai pantai yang berstandar untuk olahraga voli pantai. Maka dari itu, pemerintah kabupaten Gunungkidul berkerjasama dengan PBVSI kabupaten, provinsi hingga pusat mengadakan kegiatan olahraga ini.

“Ini juga sebagai upaya untuk mempromosikan wisata di Gunungkidul. Di mana daerah ini memiliki sport tourism yang luar biasa,” terang Hary Sukmono.

Sirnas Voli Pantai ini merupakan seri pertama atau sebagai pembuka. Yang kemudian pertandingan olahraga ini akan diteruskan di beberapa kota atau provinsi lainnya. Di Gunungkidul, akan diselenggarakan mulai 21 Juni sampai dengan 26 Juni 2022.

Saat ini pemerintah dan pihak pantia tengah melakukan berbagai persiapan mulai dari pembuatan 4 lapangan, tribun penonton dan fasilitas lainnya. Nantinya terdapat tim 4×4 putra putri dan 2×2 putra putri yang akan mengikuti perlombaan ini. Atlet nasional akan berlaga di Sirnas Voli Pantai tersebut dengan pasangan mereka yang merupakan atlet daerah.

Berita Lainnya  Atlet Angkat Berat Gunungkidul Kembali Raih Medali Emas dan Pecahkan Rekor Pada Peparnas Papua

“Sampai dengan hari ini ada 38 tim yang sudah mendaftar dari berbagai kota dan provinsi. Masa pendaftaran sendiri masih berlangsung,”paparnya.

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta mengatakan, ajang ini selain untuk mengasah kemampuan para atlet nantinya dapat mempromosikan wisata di Kabupaten Gunungkidul yang sangat beragam, salah satunya sport tourism. Adapun Sirnas Voli Pantai ini selain ajang olahraga juga dapat turut menyumbang pemulihan ekonomi masyarakat.

“Kita ingin mempromosikan bahwa Gunungkidul ini memiliki pantai yang berstandar nasinoal bahkan internasional untuk penyelenggaraan olahraga,” terang Sunaryanta yang juga Ketua PBVSI Gunungkidul.

Adapun kapasitas tribun yang disediakan oleh pemerintah dan panitia sebanyak 450 orang. Tidak dikenakan tiket untuk menonton. Jadi wisatawan atau warga yang ingin menonton Sirnas Voli Pantai ini hanya dikenakan tiket retribusi wisata di TPR dan uang parkir saja.

Sementara itu, Bidang Voli Pantai PBVSI Pusat, Slamet Mulyono mengatakan, nantinya akan ada beberapa atlet nasional yang turut menampilkan kemampuan mereka. Terdapat aturan yang berlaku yaitu, satu tim hanya diperkenankan satu atlet nasional dan sisanya atlet daerah mading-masing. Beberapa diantaranya yang memastikan diri akan tampil adalah Ade Chandra, Gilang Ramadhan, Rendi, Gita, Putu Dini, Sari Hartati, dan lainnya.

Berita Lainnya  Menanti Prestasi Atlet-atlet Taekwondo Gunungkidul Yang Tengah Berada Dalam Antusiasme Tinggi

“Karena antusiasme yang luar biasa jadi kita tambah 1 hari. Babak kualifikasi akan dilakukan pada tanggal 21 Juni besok. Sirnas Voli Pantai di Gunungkidul merupakan seri pertama kemudian akan dilanjutkan di Pacitan oada 28 Juni jeda 2 minggu diadakan di Bali dan kemudian penutupan di Jakarta,” terangnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler