fbpx
Connect with us

Sosial

Solidaritas Tinggi Warga Gadungsari, Gotong Royong Berikan Bantuan Untuk Pasien Positif Corona

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)–Pengumuman resmi pemerintah terkait adanya warga Padukuhan Gadungsari, Desa Wonosari, Kecamatan Wonosari yang dinyatakan sebagai pasien positif corona tak membuat resah masyarakat. Salutnya, justru yang terjadi di antara warga setempat adalah meningkatnya rasa solidaritas.

Dukungan dari warga setempat terus berdatangan bagi keluarga pasien positif tersebut. Tak satupun warga yang melakukan pengucilan terhadap para anggota keluarga pasien yang saat ini tengah melakukan isolasi diri ini. Tak hanya itu, warga juga mulai menyalurkan bantuan permakanan kepada anggota keluarga.

“Warga juga turut membantu belanja bahan makanan dan diantar ke depan rumah,” jelas Tumijo, Rabu, (15/04/2020) siang.

Setiap hari, warga mengantar bahan makanan seperti mie instan, beras, aneka sayur serta lauk. Hal ini memang sudah dilakukan warga sejak beberapa waktu terakhir ini. Hal ini lantaran, keluarga tersebut memang telah melakukan isolasi diri pasca adanya penetapan Pasien Dalam Pantauan terhadap pasien yang kemudian dinyatakan positif tersebut.

“Memang di sini tingkat kepeduliannya cukup tinggi. Sudah sejak tanggal 5 April warga rutin suplai kebutuhan pangan,” katanya.

Ditambahkan Tumijo, pihaknya saat ini telah membentuk Gugus Tugas Penanggulangan Covid19 Desa Wonosari. Adapun tugas dari gugus tugas ini selain melakukan penanganan kepada keluarga pasien positif covid19, juga memberikan edukasi kepada masyarakat Desa Wonosari, khususnya Padukuhan Gadungsari berkaitan dengan perkembangan situasi yang terjadi. Pemahaman kepada masyarakat ini sangat penting agar jangan sampai kebersamaan yang selama ini terjalin, retak gara-gara adanya kejadian ini.

Berita Lainnya  Obyek Wisata Yang Ditutup Terus Bertambah

Para anggota gugus tugas juga terus menyebarkan informasi terkait protokol pencegahan corona seperti pola hidup bersih, rajin cuci tangan maupun penggunaan masker dan yang lainnya.

“Sejauh ini kami lihat sangat bagus perkembangannya. Masyarakat tidak resah bahkan soliditas tetap terjaga,” Tumijo.

Ia menghimbau agar masyarakat Desa Wonosari bisa tetap tenang dengan perkembangan situasi yang terjadi. Diyakininya bahwa situasi akan tetap kondusif dan penyebaran penyakit ini bisa diantisipasi mengingat kesadaran tinggi dari warganya.

“Untuk keluarga pasien positif juga sangat disiplin dalam mengisolasi diri, kita berharap situasi segera membaik dan semuanya sehat,” tandasnya.

Sementara itu, Dukuh Gadungsari, Jono menuturkan, bantuan seperti mie instan, beras sarden dan kebutuhan pangan lainnya terus berdatangan untuk diberikan kepada 3 KK yang merupakan anggota keluarga pasien positif. Adapun untuk bantuan permakanan ini, berasal dari kas RT maupun donasi dari warga. Saat ini, juga telah tersalurkan bantuan dari Dinas Sosial dan Gugus Tugas Penanganan Covid19 Gunungkidul yang juga memberi bantuan.

Berita Lainnya  Besaran Upah Minimal Kabupaten Telah Disepakati, Gunungkidul Menjadi Yang Terendah se-DIY

“Kami juga kebetulan memiliki kas RT, yang dibelanjakan untuk diberikan kepada 3 KK tersebut,” kata Jono.

Sejauh ini, pihak Pemerintah Desa sendiri tak berani mengkses Dana Desa untuk membantu isolasi mandiri warganya tersebut.

“Pemerintah Desa tidak berani, Bupati tidak mengeluarkan Surat Edaran sehingga takut menyalahi aturan. Warga mandiri iuran sendiri untuk membantu, terutama untuk kebutuhan makanan,” imbuh dia.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, satu orang warga Padukuhan Gadungsari, Desa Wonosari, Kecamatan Wonosari dinyatakan positif corona. Pasien berjenis kelamin perempuan dengan usia 75 tahun tersebut saat ini telah mendapatkan perawatan di RSUD Wonosari. Saat ini, Dinas Kesehatan terus melakukan penelusuran terkait dengan riwayat perjalanan maupun pertemuan pasien positif tersebut selama ini.

Berita Lainnya  Datangkan Alat Canggih Bebas Polusi, Pabrik Pengolah Limbah Medis Semin Mulai Beroperasi Awal Tahun

Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler