fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Stabilisasi Harga Bahan Pokok, Dinas Perdagangan Gelar Pasar Murah di Kapanewon

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar-com-525357.hostingersite.com)– Dinas Perdagangan Kabupaten Gunungkidul menyiapkan pasar murah bekerjasama dengan Bulog pada bulan Ramadhan ini. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya pemerintah untuk melakukan stabilisasi harga bahan pokok yang terus mengalami kenaikan sejak beberapa pekan terakhir. Rencananya, pasar murah ini akan menyasar di 18 kapanewon di Kabupaten Gunungkidul.

Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Perdagangan Kabupaten Gunungkidul, Ris Heriyani mengatakan, harga bahan pokok belakangan ini terus meroket. Seperti beras premium di pasar mencapai Rp 17.500 sedangkan beras medium di harga Rp 16.000, telur setiap harinya cenderung naik sekitar Rp 500 per harinya, saat ini berada di harga Rp 32.000 per kilogramnya, kemudian untuk ayam negeri sempat tembus di harga Rp 40.000 per kilogramnya.

Berita Lainnya  Kerahkan Juga Petugas Muslim, Pemerintah Pastikan Layanan Kesehatan Tetap Normal Selama Libur Lebaran

“Pantauan di pasar memang banyak komoditas yang mengalami kenaikan harga,” ucap Ris Heriyani.

Dengan kondisi tersebut, pemerintah kemudian menggandeng Bulog untuk melakukan operasi pasar di 9 pasar besar di Gunungkidul. Kemudian pada Ramadhan ini, Dinas Perdagangan juga akan menggelar pasar murah di masing-masing kapanewon sebagai upaya menstabilkan harga. Rencananya sejumlah bahan pokok akan dijual pada pasar murah tersebut.

“Komoditas yang kami sediakan seperti minyak, telur, terigu, gula dan lain sebagainya,” sambung dia.

Lebih lanjut ia mengatakan, pada pelaksanaan pasar murah ini nantinya Bulog akan menyediakan kuota 2 ton sampai 3 ton bahan pokok di masing-masing kapanewon di Kabupaten Gunungkidul.

“Iya ada kuota khusus yang kami sediakan,” jelas dia.

Berita Lainnya  Ratusan Penganut Kepercayaan di Gunungkidul Telah Ubah Status Agama di KTP

Minggu kemarin, Dinas Perdagangan telah memulai pelaksanaannya di wilayah Giripurwo, Kapanewon Purwosari dan kalurahan Kemiri serta Ngestirejo, Kapanewon Tanjungsari.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler