fbpx
Connect with us

Peristiwa

Stok Melimpah, Dinkes Kebut Vaksinasi

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)– Pemerintah Kabupaten Gunungkidul terus berupaya melakukan percepatan atas vaksinasi covid19 bagi warga. Dinas Kesehatan Kabupaten mengklaim bahwa stok vaksin yang ada masih mencukupi hingga beberapa hari kedepan.

Kepala Bidang Sumber Daya Medis Dinas Kesehatan Gunungkidul, Azis mengungkapkan bahwa stok vaksin di Gunungkidul tergolong aman. Adapun rinciannya Sinovac multidose tersedia 6.609 vial. Adapun satu vialnya bisa digunakan untuk 10 hingga 14 orang. Kemudian Moderna multidose ada 1181 vial, Astra Zeneca multidose ada 947 vial, Sinopharm multidose 39 vial.

Bisa mencukupi 15 sampai dengan 20 hari kedepan,” ucap Azis.

Menurutnya ketersediaan vaksin ini masih aman. Untuk penggunaannya sendiri tergantung dengan permintaan fasilitas kesehatan yang menyelenggarakan vaksin. Ia menjelaskan, jika memang stok habis kemudian langsung mengirimkan surat ke Dinkes DIY untuk penyediaan vaksin untuk Gunungkidul.

Kita lakukan koordinasi antara faskes dan ke Dinkes DIY,” jelas dia.

Pihaknya juga terus menghimbau kepada masyarakat Gunungkidul untuk mensukseskan program pemerintah terkait dengan vaksinasi covid19 ini. Adapun untuk capaiannya terus di-update oleh pemerintah.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM), Dinkes Gunungkidul,  Sumitro mengatakan persediaan vaksin diprioritaskan bagi masyarakat sasaran yang sama sekali belum menerima suntikan vaksinasi, sedang AstraZeneca dan Moderna akan digunakan untuk pemberian dosis kedua.

Melimpahnya stok vaksin ini juga didukung oleh bertambahnya Nakes yang bisa dialihkan menjadi petugas yang menyuntikkan vaksin.

Aman bisa mencukupi kebutuhan,” ujar Sumitro.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler