fbpx
Connect with us

Sosial

Suasana Sholat Jumat Perdana Saat Pendemi di Masjid Agung Al Ikhlas

Diterbitkan

pada tanggal

Wonosari,(pidjar com)–Ratusan jamaah Masjid Agung Al Ikhlas Wonosari langsung berbondong-bondong melaksanakan ibadah sholat Jumat pada Jumat (12/06/2020). Ibadah sholat Jumat kali ini adalah yang pertama digelar setelah berbulan-bulan. Sebagaimana diketahui, pihak Masjid Al Ikhlas sempat menutup Masjid terbesar di Gunungkidul ini pasca pandemi melanda.

Kepala Dusun Pengkok, Patuk, Tukirman yang siang tadi ikut menjadi jamaah mengaku bahagia setelah pemerintah memberi kelonggaran dalam ibadah. Ia mengaku begitu merindukan ibadah di masjid, khususnya di Masjid Agung Al Ikhlas.

“Jujur, saya bahagia sekali bisa kembali sholat Jumat berjamaah di Masjid ini,” ujar Tukirman, Jumat siang.

Dalam ibadah sholat Jumat kali ini, ia membawa perlengkapan sendiri. Ia juga mengapresiasi pengurus takmir Masjid Al Ikhlas yang telah menyiapkan masjid sesuai dengan protap covid19 demi keamanan dan kenyamanan jamaah.

Berita Lainnya  Jembatan Darurat Mbojing Ambrol Diterjang Banjir, Warga Gelaran I Kembali Terisolir

“Ini saya juga bawa perlengkapan ibadah sendiri dari rumah, sesuai anjuran pemerintah,” jelas dia.

Memang, dalam pelaksanaan Sholat Jumat ini cukup berbeda dengan biasanya. Para jamaah memasang jarak antara satu dengan yang lainnya. Meski demikian, para jamaah terlihat khusyuk saat menjalankan ibadah. Usai sholat, jamaah juga kemudian langsung membubarkan diri.

Sementara itu, Takmir Masjid Agung Al Ikhlas Wonosari, Andar Jumailan memaparkan, setelah adanya surat edaran dari Kementrian Agama, Masjid Agung Al Ikhlas memang langsung menyelenggarakan ibadah Sholat Jumat untuk umum. Sejauh ini pihaknya telah mempersiapkan penambahan fasilitas cuci tangan dan poster imbauan kepada jamaah untuk melaksanakan ibadah sesuai dengan protokol kesehatan.

Berita Lainnya  Balada Daging Ayam di Gunungkidul, Stok Tak Ada Sedangkan Harga Semakin Meroket

Bak gayung yang bersambut, para jamaah pun menaati protokol kesehatan dan menggunakan fasilitas yang ada. Phsycal distancing pun juga dilakukan saat mendengarkan khutbah maupun sholat.

Bahkan para jamaah di kesempatan ini juga sampai pada halaman depan masjid yang terletak di pusat kota Wonosari tersebut. Kendati di bawah terik matahari, jamaah terlihat khusyuk menjalani ibadah.

“Ada sekitar 300 jamaah, mereka membawa peralatan ibadah, cuci tangan terlebih dahulu sebelum masuk Masjid, Insya Allah semua aman,” tutup Andar.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler