fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Tahun Ini Dimulai Lagi, Dua Jembatan Akan Dibangun di Ruas JJLS Planjan-Tepus

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Pembangunan Jalan Jalur Lingkar Selatan (JJLS) akan kembali dilanjutkan pada tahun 2021. Dalam kontrak pembangunan akan dilakukan selama 720 hari kalender itu turut pula akan dibangun dua jembatan di ruas jalan Planjan-Tanjungsari-Tepus tersebut.

Pendamping Lapangan Pekerjaan Provinsi, Harno mengungkapkan, tahun ini pemerintah akan melanjutkan pembangunan JJLS di Jalur Planjan-Baron-Tepus dengan panjang jalan 9,725 kilometer yang akan dilengkapi 2 jembatan baru.

Panjang jembatan yaitu 123 meter di masing-masing titik. Adapun jalur ini nantinya akan di bangun di sebelah utara jalur utama pantai selatan.

Dimana jalan tersebut akan melintas di Kalurahan Kemadang, Kalurahan Banjarejo, Kalurajan Ngestirejo, Kalurahan Sidoharjo, dan Kalurahan Tepus. Saat ini proses sudah mulai berlangsung dengan pembersihan pohon-pohon di titik yang nantinya akan dibangun jalan tersebut.

“Sudah mulai pembersihan pohon-pohon di sekitar lokasi yang akan dibangun ” kata Harno, Kamis (21/01/2021).

Sesuai dengan kontrak yang berlaku, pelaksanaan pembangunan yaitu 720 hari dengan anggaran yang diperlukan sebesar Rp 201.251.565.000. Proyek pembangunan ini berjenis multiyears.

“Untuk nanti jalan akan dibangun 2 lajur,” sambungnya.

Untuk jangka panjang, nantinya memang akan diusulkan pelebaran menjadi 4 jalur. Kendafi demikian, hal tersebut disesuaikan dengan kemampuan dan perkembangan selanjutnya.

Disinggung mengenai kelanjutan pembangunan JJLS lainnya diungkapkan jika di Legundi-Planjan tetap berlangsung pembangunannya. Begitu pula JJLS di kawasan timur (Rongkop-Girisubo) proses pembangunannya juga masih berjalan sesuai dengan perencanaan.

Proyek pembangunan JJLS yang menghubungkan beberapa kabupaten ini akan terus dilanjutkan. Untuk di Gunungkidul sendiri, nanti akan disusul dengan pembangunan jalur Parangtritis-Girijati sepanjang 6 km termasuk dengan kelok 18.

Kepala Bidang Binamarga, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Gunungkidul, Setyo Koordijanto mengatakan pihak pemkab Gunungkidul bersama dengan Satker Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah DIY bersama dengan isntansi lain telah melakukan sosialisasi terhadap masyarakat yang terdampak pembangunan.

“Sudah dilakukan sosialisasi dengan masyarakat terkait pembangunan JJLS di Planjan-Tanjungsari-Tepus ini,” ucapnya.

 

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler