fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Resmi Ditetapkan Jadi Bupati dan Wakil Bupati Terpilih, Pelantikan Sunaryanta-Heri Terancam Mundur

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul secara resmi menetapkan pasangan Sunaryanta dan Heri Susanto sebagai Bupati dan Wakil Bupati Gunungkidul terpilih pada Jumat (22/01/2021) pagi tadi. Dengan ini, pasangan Sunaryanta dan Heri Susanto dipastikan akan memimpin Gunungkidul untuk periode 2021-2024 mendatang. Namun begitu, untuk jadwal pelantikan sendiri hingga saat ini masih simpang siur dan bahkan berpotensi mundur dari rencana awal. Pihak KPU masih menunggu hasil koordinasi lanjutan dengan Kemendagri.

Sunaryanta-Heri Susanto yang diusung oleh partai koalisi yaitu Golkar dan PKB meraup suara terbanyak dalam penyelenggaraan Pilkada 2020. Pasangan ini berhasil memperoleh 155.878 suara, mengalahkan 3 calon lainnya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul, Ahmadi Ruslan Hani menuturkan, setelah dilakukan penetapan ini, pihaknya akan bersurat ke DPRD Gunungkidul untuk segera dilakukan rapat berkaitan dengan penjadwalan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih.

“Hari ini sudah kami lakukan rapat pleno terbuka penetapan Bupati dan Wakil Bupati,” ucap Ahmadi Ruslan Hani, Jumat siang.

Hasil koordinasi awal, pelantikan rencananya akan dihelat pada 17 Februari 2021 mendatang. Tanggal ini disesuaikan dengan selesainya masa jabatan Bupati Badingah dan Wakil Bupati Immawan Wahyudi. Namun demikian, berdasarkan koordinasi kedua, ada rencana dari Kementerian Dalam Negeri jika akan dilakukan pelantikan Kepala Daerah secara serentak di seluruh Indonesia.

“Kita tunggu keputusan Kemendagri nanti bagaimana. Kalau serentak, mungkin mundur sampai bulan Maret karena beberapa daerah ada yang sedang proses sengketa di Mahkamah Konstitusi,” sambungnya.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul, Badingah mengatakan, harapan besar ia gantungkan kepada bupati terpilih ini. Menurut Badingah, ada sejumlah PR yang belum terselesaikan di masa pemerintahannya. Ia berharap agar nantinya, Sunaryanta-Heri Susanto dapat meneruskan program bupati terdahulu maupun membuat terobosan-terobosan dengan muara untuk membawa masyarakat Gunungkidul pada taraf kesejahteraan dan kemajuan.

“Ada banyak PR, sebagai contohnya dan yang paling dirasakan masyarakat adalah penanganan covid19 saat ini yang berdampak pada ekonomi yang menurun drastis,” ucap Badingah.

Penanganan dan penyelesaian covid19 merupakan tugas awal bagi bupati baru untuk segera melakukan penanganan. Mengingat saat ini, apa yang dilakukan pemerintah sudah cukup banyak. Namun tentu nantinya harus semakin diintensifkan. Kemudian pembangunan infrastruktur dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Gunungkidul.

Sementara itu, Sunaryanta menyatakan siap memimpin Gunungkidul selama 3,5 tahun ke depan. Seakan senada dengan Badingah, penanganan covid19 menjadi salah satu hal yang utama yang akan menjadi prioritas. Selain itu, Sunaryanta juga akan membuat terobosan-terobosan untuk pemulihan perekonomian yang lesu selama masa pandemi ini.

“Berkaitan dengan ekonomi, kita akan bangun ekonomi kerakyatan. Kemudian upaya untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat Gunungkidul,”ujar dia.

Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler