fbpx
Connect with us

Uncategorized

Tak Patuhi Protokol Kesehatan, Acara Halalbihalal Ormas Dibubarkan Polisi

Published

on

Playen,(pidjar.com)–Acara syawalan sebuah kelompok pemuda yang berlangsung di sebuah rumah makan di Padukuhan Siyono Wetan, Kalurahan Logandeng, Kapanewon Playen dibubarkan oleh polisi. Pembubaran kegiatan ini terpaksa dilakukan lantaran acara tersebut melibatkan puluhan orang dan tidak menerapkan protokol kesehatan. Meski sempat alot, akhirnya massa kemudian membubarkan diri secara tertib. Belasan hingga puluhan petugas dilibatkan dalam pembubaran ini.

Kapolsek Playen, AKP Hajar Wahyudi mengatakan, pada Minggu malam tadi pihaknya menggelar patroli rutin di sejumlah lokasi vital di wilayah Playen. Namun sesampai di sebuah rumah makan di Siyono Wetan, pihaknya menemukan kerumunan sebuah ormas yang tengah menggelar acara.

“Setelah mendapati kerumunan, kami cek ada sekitar 80 orang yang mengikuti acara dan tidak menerapkan protokol kesehatan,” ungkap Hajar, Minggu malam.

Hajar menerangkan, acara halal bi halal ini juga tidak melayangkan pemberitahuan kepada tim gugus tugas pengendalian covid19 Kapanewon Playen. Dengan berbagai pertimbangan ini, ia lantas memutuskan untuk mengambil tindakan tegas dengan membubarkan acara.

“Kami tidak serta merta membubarkan, ada tahapan negoisasi dan persuasif dari anggota di lapangan,” ujar Hajar.

Untuk mengantisipasi adanya kericuhan akibat pembubaran acara, polisi sendiri melibatkan hingga puluhan personel dari berbagai unsur. Ia melanjutkan, awalnya, proses negoisasi sendiri sempat berlangsung alot. Massa sempat menolak untuk membubarkan diri. Selama hampir satu jam tak kunjung ada keputusan, Kapolsek akhirnya mengambil alih panggung dan meminta massa yang berkumpul untuk membubarkan diri. Ia lantas memberikan pengertian bahwa di masa pandemi ini, ada prosedur tertentu yang harus dipenuhi sebelum menggelar acara.

“Sempat satu jam negosiasi hingga acara tersebut bisa dibubarkan. Alhamdulillah semua bisa berjalan lancar dan aman,” tandasnya.
.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler